A+ A A-

Mamat Aniwar - Pelukis Uighur

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Mamat Aniwar adalah pelukis independen Uighur kelahiran 1962 , Kashgar. Dia dikenal dengan lukisan minyak bergaya abstrak yang memasukkan unsur budaya Uighur kedalamnya.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Mamat juga banyak melukis dengan tinta dan cat warna di Korean Paper , dengan motif yang lebih universal yang berkaitan terutama dengan tema seksualitas dan kehidupan , termasuk sperma , organ seks dan tubuh wanita.

Mamat Aniwar dikenal sebagai seniman Tiongkok yang paling inovatif dan karyanya hadir di berbagai pameran di Tiongkok dan luar negri. Sejak tahun 1990 , Mamat sudah berafiliasi dengan satu galeri terkenal di Beijing.

Mamat menempuh studi di Tianjin Institute of Art and Design di tahun 1980. Dia berkerja sebagai designer karpet selama tahun 1981-4 di Xinjiang Woven Carpet Design Centre.  Ditahun 1985-7 dia mempelajari oil painting di Central University For Nasionalities Beijing.

Karya oil painting Mamat Aniwar menggabungkan teknik dan gaya Barat dengan pola , warna dan tekstur tradisional kawasan Asia Tengah dan arsitektur Islam.

Salah satu sumber inspirasinya adalah pemandangan Xinjiang berserta segenap flora dan fauna didalamnya.

Mamat Aniwar menawarkan alternatif penting bagi representasi visual yang dominan dari budaya Uighur di Tiongkok , baik dengan dengan gaya realis-sosialis ataupun dengan orientalistik dan warna eksotis.

Sumber :Encyclopedia Of Contemporary Chinese Culture.

Foto Ilustrasi : via http://www.platformchina.org

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1632-mamat-aniwar-pelukis-uighur

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto