A+ A A-

Babi Api Atau Babi Emas

  • Written by  Rinto Jiang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Saya mendapat dua versi mengenai tahun babi (2007) Satu Babi Emas dan satu lagi babi api. Jadi yang mana yang lebih tepat dan mulai tahun berapa mulai dihitung dari YANG KAYU - YIN AIR?

Budaya-Tionghoa.Net| Banyak sekali versi beredar di masyarakat, saya perhatikan paling tidak ada 3 versi tentang unsur shio setiap tahunnya. Namun sudah seharusnya versi ini dikembalikan ke versi asalnya. Versi orisinal dari tahun ini seharusnya adalah tahun babi api. Dalam 1 siklus, unsur sebuah shio sebenarnya hanya akan muncul 1 kali, tahun babi emas baru akan datang 2 kali putaran lagi, tepatnya tahun 2031. Sebelumnya, tahun babi emas telah pernah muncul pada tahun 1971.

Artikel Terkait :

{module [201]}


Mengapa babi api bisa menjadi babi emas?

Ada beberapa sebab yang mungkin menjadikan versi api menjadi versi emas, di antaranya:

  • Versi emas mungkin diambil dari Kitab Hikayat (salah satu kitab dari 5 kitab Wu Jing/Ngo Keng) yang menyatakan bahwa Ding Hai adalah berunsur emas.
  • Versi emas mungkin adalah versi yang muncul di masyarakat karena suka menggunakan unsur emas untuk setiap shio. Unsur emas biasanya dianggap membawa berkah baik bagi tahun tersebut. Ini dapat dilihat dari beberapa sumber versi unsur shio setiap tahunnya suka menggunakan unsur emas, padahal setiap unsur hanya akan bertahan 2 tahun dan setelah itu harus berganti unsur. Namun, saya masih ingat, 2 tahun lalu ada anggota di milis ini yang menanyakan kalau tahun 2005 itu adalah tahun ayam emas atau bukan.

Hubungan sederhana unsur sebuah tahun

0 = emas positif (yang)
1 = emas negatif (yin)
2 = air positif
3 = air negatif
4 = kayu positif
5 = kayu negatif
6 = api positif
7 = api negatif
8 = tanah positif
9 = tanah negatif

Tahun 2007 berakhiran -7, maka tahun ini adalah tahun babi api negatif, tahun kemarin adalah tahun anjing api positif. Tahun 2008 akan menjadi tahun tikus tanah positif.


Rinto Jiang

Budaya-Tionghoa.Net| Mailing List Budaya Tionghua 1616

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1660-babi-api-atau-babi-emas

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto