A+ A A-

Kisah : Kesederhanaan Wang Gong

  • Written by  Xie Zheng Ming
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Pada jaman dinasti Jin timur hiduplah seorang yang bernama Wang Gong. Wang Gong adalah seorang pegawai kerajaan yang bersih,dalam kesehariannya hidup sederhana.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Suatu ketika saat Wang Gong baru kembali dari tugas audit, teman se-klan yang bernama Wang Da datang berkunjung. Wang Da merasa sangat tertarik dengan tikar bambu yang digunakan sebagai alas duduk oleh Wang Gong.

Wang Da memberanikan diri untuk berkata kepada Wang Gong: "Wah,rupanya engkau baru kembali dari tugas audit di tempat kerajinan tikar bambu. Pastilah mendapat banyak tikar bambu sebagai cindera mata. Bolehkah saya memilikinya 1 lembar?

Tikar bambu satu-satunya milik Wang Gong lantas diberikan kepada Wang Da. Karena tidak lagi memiliki tikar bambu, kini Wang Gong duduk beralaskan bantalan jerami. Lambat laun berita ini terdengar oleh Wang Da.

Wang Da segera kembali menemui Wang Gong. Kepada Wang Gong,Wang Da berkata: "Saya kira engkau memiliki beberapa tikar bambu,barulah memberanikan diri untuk meminta 1 lembar."

Wang Gong dengan tersenyum menjawab: "Sahabat ku,engkau belum memahami saya. Dalam kehidupan sehari-hari,saya tidak memiliki perabot yang berlebihan.
Dewasa ini,setiap orang memiliki kecenderungan untuk menikmati kemewahan hidup.Gaya hidup sederhana semakin ditinggalkan. Diantara 10 orang ada berapa orang yang mampu hidup sederhana seperti Wang Gong?

Xie Zheng Ming

http://www.facebook.com/groups/budaya.tionghoa/10150577225037436/

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1693-kisah--kesederhanaan-wang-gong

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto