A+ A A-

Kalashnikov AK47 Versi Tiongkok

  • Written by  Shinmen Takezo
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Hanya sedikit senjata yang memiliki pengaruh besar dalam sejarah senjata genggam seperti karya Kalashnikov atau yang lebih dikenal sebagai AK 47 , yang mulai menjadi standar bagi Soviet sejak tahun 1949.  Segera senjata ini diproduksi sekitar 80 juta unit dengan keunggulan mudah digunakan , minim kegagalan dan mudah untuk diproduksi dikalangan negara-negara Pakta Warsawa dan negara-negara komunis mulai dari Jerman Timur dan Eropa Timur pada umumnya sampai Tiongkok dan Korea Utara.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

AK dapat diproduksi dengan biaya rendah sehingga di akhir tahun 1950an , Tiongkok mulai membuat versi AK47 sendiri , tipe 56. Dan Tiongkok kemudian mengirimkannya kepada Vietnam , Korea Utara dan negara-negara Afrika dimana Tiongkok mempunyai kepentingan disana dan juga untuk memenuhi kebutuhan militer dalam negri dimana Tiongkok memiliki personil militer dalam jumlah besar.  Tiongkok kemudian menjadi produsen senjata AK terbesar didunia dengan perkiraan 15-20 juta unit.

Kedekatan ideologi antara Soviet dan Tiongkok di awal Perang Dingin membuat Soviet membantu mendirikan fasilitas produksi senjata di Tiongkok dengan tipe senjata SKS dan AK tipe 56. Metode produksi mengikuti cara Soviet.  Dari Tipe 56 ini muncul empat sub-varian seperti Tipe 56-1 , 56-2 , etc. Di tahun 1970an sampai 1980an , Tiongkok mengembangkan Tipe 81 dan Tipe 86.

Tiongkok memberi dukungan bagi Vietnam yang terlibat dalam serangkaian perang dengan memasok Tipe 56 yang jumlahnya diperkirakan lebih banyak daripada pasokan senjata dari Soviet ke Vietnam. Pada saat hubungan Vietnam dan Tiongkok memburuk dan meletus Perang Indo-China III (Sino-Vietnamese War) , kedua pihak berbaku hantam dengan Tipe 56.

Tipe 56 buatan Tiongkok ini menyebar ke berbagai negara dan peristiwa di berbagai kawasan , Filipina , Albania yang berhubungan dekat dengan Tiongkok di masa perang dingin , Korea Utara , Bolivia , Sudan , etc.

[Foto Ilustrasi :Israel_soliz ," Bolivian Marines sitting on inflatable boats, carrying AK-47 and snorkeling during the military parade in Cochabamba.They could also be Type 56. This file is licensed under the Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported, 2.5 Generic, 2.0 Generic and 1.0 Generic license.]

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1699-kalashnikov-ak47-versi-tiongkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto