A+ A A-

Mengenal Qixi 七夕 Atau Chinese Valentine Day

  • Written by  Ardian Changianto
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Kisah tentang dua insan yang hanya setahun sekali bertemu, tercatat pertamakali dalam kitab Sajak atau 詩經. Isinya menceritakan sekilas tentang 2 bintang yaitu bintang 牽牛 qianniu dan bintang 織女 zhinv yang bertemu satu tahun sekali melalui jembatan 天漢 tianhan atau yang sekarang disebut 銀河 yinhe ( milky way ).

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Dalam sejarah, ada 2 versi cerita yang berkembang. Yang pertama adalah seorang adik yang diusir oleh kakaknya setelah ke2 ortunya meninggal. Semua harta warisan ortunya dirampas dan hanya seekor kerbau yang diberikan.

Ternyata kerbau itu adalah kerbau jelmaan dewa dari langit yang memberitahu bahwa ada bidadari yang sering turun ke bumi untuk mandi di danau. Gembala sapi itu kemudian mencuri salah satu pakaian bidadari kemudian mereka menikah. Tindakan ini melanggar aturan langit, sehingga ke2 insan itu dipisahkan dan hanya 1 tahun sekali bertemu. Pertemuan itu bisa terjadi karena ribuan burung Que 鵲 ( yg artinya adalah burung kebahagiaan ) membentuk jembatan.

Versi lainnya yg lebih muda adalah mereka berdua merupakan penghuni kerajaan langit, yang pria bekerja sebagai gembala dan yang wanita bekerja sebagai penenun. Mrk jatuh cinta tapi melupakan tugasnya sehingga kaisar Pualam 玉帝 amat marah dan membuat pemisah diantara mereka dan memerintahkan burung Que membuat jembatan setiap minggu.


Burung Que salah dengar, burung itu membuat jembatan setiap hari. Ya asiklah mereka berpacaran. Kaisar Pualam menjadi marah besar dan memerintahkan agar mereka bertemu setahun sekali sebagai hukumannya.

Itulah versi yang berkembang dan menjadi lebih lengkap daripada awal yang tertulis dalam Shijing. Cerita itu menyebar dan menjadi beberapa perayaan penting. Seperti Jaka Tarub Tanabata festival di Jepang Chilseok di Korea. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kisah gadis angsa di Eropa, Krisna mencuri pakaian Gospi terpengaruh cerita Gembala sapi dan gadis penenun.

Secara umum, Qixi merupakan hari Hari dimana 2 kekasih yang tidak kesampaian bisa bertemu
• Hari dimana para kekasih berjanji
• Hari untuk para gadis remaja 女兒節
• Hari untuk mengasah keterampilan para wanita
• Hari untuk para sarjana
• Hari ultah bintang pengetahuan 魁星 kuixing
• Hari manusia
• Hari untuk roh gentayangan

Kaisar Tang Minghuang 唐明皇 terinspirasi kisah gembala sapi dan gadis penenun, kemudian ia mengucapkan janji sehidup semati dengan selir kesayangannya yaitu Yang Guifei 楊貴妃 pada tanggal 7 bulan 7. Dan menjadi inspirasi untuk penyair Bai Juyi 白居易. Kemudian menjadi opera yang berjudul Changsheng dian ( aula abadi ) 長生殿.

Lihat juga tulisan mengenai Qixi lainnya di : http://web.budaya-tionghoa.net/budaya-tionghoa/adat-istiadat/866-qi-shi-hari-qvalentineq-tionghoa

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

Photo Credit : China.org

Last modified onThursday, 14 February 2013 10:02
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1701-mengenal-qixi-%E4%B8%83%E5%A4%95-atau-chinese-valentine-day

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto