A+ A A-

Chan Lan Nio [Nila Chandra]

  • Written by  Reni Tanaka
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Nila Chandra (1927--2000) alias Chan Lan Nio dilahirkan di Surabaya dan  terkenal sebagai pakar tata boga terutama untuk kue-kuean dan masakan Indonesia populer.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Nila Chandra memulai karirnya di dunia boga sejak tahun 1948 di Ende , Nusa Tenggara Timur dengan menerima pesanan makanan di kalangan pejabat di daerah itu. Nila Chandra mulai memberikan kursus masak bagi kaum ibu dan remaja putri.

Kursus masak Nila Chandra juga terkenal dari tahun 1970an sampai tahun 1990an di Jakarta. Yang pernah mengenyam pendidikan kursus masak selama sekian dekade berjumlah ribuan dan tersebar keseluruh nusantara. Semasa hidupnya , Nila Chandra dibantu putri bungsunya sempat menerbitkan beberapa buku masakan.

Kepopuleran Nila Chandra juga membuat namanya sering disebut-sebut dalam dalam buku-buku novel , sebagai bagian dari dialog antara tokoh dalam cerita ,  misalkan di beberapa karya Marga T.

Apa tidak mendingan kursus kue saja pada Nila Chandra?" "Huh!" Mimi mendengus. "Kaukira, cuma kau sendiri yang berani? Bila kau saja sanggup, masakan aku tidak? [Marga T , 1987]

Tante Hilda, ibunya, sampai spesial kursus masak sama Nila Chandra. Katanya, untuk meng-upgrade kepandaiannya di dapur, guna menyenangkan suami dan anaknya." "Jadi apa yang harus kulakukan?" keluh Sofi. [Marga T , 2000]

"Kaupikir belajar Kedokteran bisa disambi dengan kursus masak di Nila Chandra?" balas Galga terus terang. "Berarti kita akan banyak makan barang kaleng, nih," sindirnya. [Marga T, 2001]

Nama Nila Chandra tercantum dalam Guiness Book of Record tahun 1988 sebagai pembuat kue raksasa. Berbagai penghargaan lain diraih Nila Chandra seperti "Women Of The Year" tahun 1992 , Who's Who 1999.

Hingga akhir hayatnya Nila tetap aktif dibidang boga seperti melakukan demo masak , bisnis toko kue dan restoran Nila Chandra.

Nila Chandra meninggal pada tanggal 9 Juli 2000. Putri bungsunya , Joyce Aswan mewarisi bakat Nila Chandra dalam bidang masakan

REFERENSI :

  1. Joyce Aswan , "Resep-Resep Cake Paling Diminati Warisan Nila Chandra" , Gramedia Pustaka Utama , Januari 2009.
  2. Nila Chandra , "Chinese Food Ala Nila Chandra" , Gramedia Pustaka Utama

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1720-chan-lan-nio-nila-chandra

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto