A+ A A-

Ang Tjong Hauw - Hastomo Arbi

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Hastomo Arbi alias Ang Tjong Hauw lahir pada tanggal 5 Agustus 1958 di Kudus, Jawa Tengah.  Keluarga Arbi ini sangat menonjol didunia bulutangkis nasional dan dunia. Selain Hastomo Arbi ada pula adik-adiknya  Eddy Hartono Arbi dan Hariyanto Arbi yang berada dalam naungan Klub Djarum. Semuanya adalah pemain kelas dunia.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Hastomo Arbi sudah menunjukkan bakat sejak kecil. Pada saat berusia 16 tahun , Hastomo menjuarai POPSI , Pekan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia di Solo pada tahun 1974. Di tahun 1977 , Hastomo mapan dilevel daerahnya , Jawa Timur.

Hastomo mulai menapak ke jenjang internasional dengan meraih medali emas di SEA Games 1979. Dibeberapa turnamen internasional di Taiwan dan Belanda , Hastomo menjadi finalis.

Pada kejuaraan Thomas Cup 1984 di Kuala Lumpur , Hastomo membuat kejutan dengan mengalahkan andalan Tiongkok , Han Jian . Kemenangan yang sangat menentukan dan membuat Indonesia unggul tipis 3-2. Hastomo bersama timnya kembali ke tanah air dan didaulat sebagai pahlawan.

Selain prestasinya di Thomas 1984 , pencapaian Hastomo di ajang lain tidak terlalu cemerlang. Termasuk di PON 1985 , Hastomo cukup puas meraih medali perak. Hastomo Arbi pensiun , kelak dua adiknya yang meneruskan perjuangan kakaknya yang belum sempat diraih. Kelak Eddy Hartono Arby mencatat prestasi medali perak di Olimpiade Barcelona dan Hariyanto Arbi mencatat prestasi gemilang di ajang bergengsi All England. 

Zhonghua Wenhua

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1733-ang-tjong-hauw-hastomo-arbi

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto