A+ A A-

Anita Mui [1963-2003] - Madonna Asia

  • Written by  Pandora
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Anita Mui atau Mui Yim Fong [Mei Yanfang] dilahirkan pada tanggal  10 Oktober 1963 di Hong Kong.  , Anita sudah membantu ibunya mencari nafkah sejak usia lima tahun. Dari kehidupan yang sulit Anita Mui kelak menjadi ratu Canto-pop yang legendaries.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Di tahun 1982 , Anita mengikuti kontes menyanyi  dengan menyisihkan ribuan kontestan. Sejak memenangkan kontes , Anita menapak menuju popularitas.  Dari sekian puluh album dalam sepanjang karirnya , album Bad Girl atau Huai Nuhai yang membuat karirnya melesat tajam.di tahun 1985. dan memunculkan citra Anita sebagai gadis yang mandiri dan pemberani.

[Foto  Courtesy ChinaDaily.com.cn 2004 ]

Citra ini  bertolak belakang dengan karakter Deng Lijun yang dipandang sebagai ratunya Mando-pop. Deng terlihat seperti gadis yang manis sedangkan Anita Mui terlihat seperti gadis yang kuat, pekerja keras dan mandiri seperti “Bad Girl” Karena imaji yang melekat pada dirinya , Anita Mui sering disebut sebagai Madonna-nya Asia.

Gayanya yang kontroversial sering muncul di headlines tabloid Hong Kong seperti dugaan hubungannya dengan Triad. Lagu “Bad Girl” di cekal juga di Tiongkok karena dianggap bisa membawa pengaruh buruk.

Anita Mui juga aktif didunia perfilman. Salah satu film fenomenalnya adalah penampilannya bersama Leslie Cheung dalam film Rouge [1987] yang mengantarkan Anita Mui meraih penghargaan aktris terbaik Golden Horse Award. . Di tahun 1993 , Anita Mui bergabung dengan Maggie Cheung dan Michelle Yeoh dalam film The Heroic Trio. Di tahun 1995 , Anita Mui bermain dalam film Jacky Chan , Rumble In The Bronx yang membuat Anita turut mendapat perhatian internasional.  Film  terakhirnya adalah July Rhapsody [2002] bersama  Jacky Cheung.  Anita Mui mendapat penghargaan aktris terbaik dalam Festival Film Changchun dan nominasi aktris terbaik dalam Golden Horse Award.

Pada tanggal 30 Desember  2003 , Anita Mui menghembuskan nafas terakhir karena penyakit kanker yang diidapnya. Anita Mui dikenang sebagai salah satu bintang legendaris Asia , ratu Canto-pop dengan penjualan total album 10 juta keping . Jumlah itu melampaui penduduk Hong Kong sendiri. Dalam foto ilustrasi terlihat salah satu selebritis Hong Kong , Nicholas Tze turut melepas kepergian Anita Mui.

PANDORA

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(2 votes)

Related items

back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1742-anita-mui-1963-2003-madonna-asia

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto