A+ A A-

Alan Tam

  • Written by  Pandora
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Alan Tam populer dikalangan penggemar film Hong Kong dimasa lampau. Sebagai penyanyi namanya juga berkibar sejak tahun 1980an. Alan bersama Kenny Be merintis karir sejak tahun tahun 1970an dalam band The Wynners dengan lagu-lagu berbahasa Inggris.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Alan Tam atau Tam Wing Lun atau Tan Yong Lin 譚詠麟 lahir pada tahun 1950 di Hong Kong . Ayahnya bernama Tam Kong Pak atau 譚江柏 atau Tan Jiang Bai yang pernah menjadi pemain nasional sepakbola di era Republik. [FIFA , Olimpiade 1936]

Di tahun 1978 Alan meninggalkan band-nya dan merilis album Naughty Star atau Fandou Xing di tahun 1979. . Sepanjang karir musiknya selama 20 tahun , Alan sudah merilis lebih dari 100 album.  Ciri awalnya adalah lagu-lagu romantis sebelum era disco di kawasan Asia Timur. Alan juga mendominasi penghargaan musik di dekade 80an.

Seperti pada umumnya penyanyi Hong Kong , Alan juga merambah ke dunia film. Beberapa film fenomenalnya adalah "If I Wewe For Real" [1981] dimana dia mendapatkan penghargaan aktor terbaik dalam Golden Horse Award.

[Foto Ilustrasi : Courtesy Craparu , San Fransisco 2006]

Kehadiran Leslie Cheung dan Anita Mui mulai menggeser popularitas Alan Tam. Walau demikian Alan Tam terus bertahan sebagai salah satu bintang legendaris Hong Kong dengan rekor penjualan 20 juta keping dalam 30 tahun karirnya sebagai penyanyi.

Selain didunia musik , Alan juga merambah dunia bisnis dengan mendirikan perusahaan yang bergerak didunia hiburan dan restoran. Pada masa peralihan Hong Kong dari Inggris ke Tiongkok , Alan Tam termasuk satu dari 800 voter elite untuk memilih Chief Executive Hong Kong di tahun 1997.

Dalam foto ilustrasi diatas , Alan Tam dalam usia 56 tahun di tahun 2006   masih terus berkiprah di dunia musik . Wajahnya dan penampilannya tetap muda untuk ukuran pria menjelang usia 60 tahun.

 

PANDORA

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1743-alan-tam

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto