A+ A A-

Bai Jing [1983-2012] : Akhir Tragis Dari "The Next Michelle Yeoh"

  • Written by  Pandora
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Di kalangan bintang laga wanita nama Michelle Yeoh turut menghiasi tontonan laga selama 1-2 dekade terakhir ini. Bai Jing disebut-sebut sebagai calon pengganti Michelle Yeoh . Film Kungfu merupakan salah satu film khas Tionghua yang digemari diseluruh dunia .

Karena itu figur-figur seperti Jackie Chan , Bruce Lee namanya sampai mendunia. Kaum wanita seolah kontradiksi dengan seni bela diri padahal sesepuh dari Yip Man yang dibintangi oleh Donny Yen dan juga guru Bruce Lee , yang berasal dari pendekar wanita Yim Wing Chun.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Di tahun 2010 , Bai Jing memerankan tokoh Yim Wing Chun dalam dalam film Kungfu Wingchun. Penulis baru menontonnya tahun lalu. Film ini merupakan remake dari film serupa yang dibintangi oleh Michelle Yeoh di tahun 1994.

Film ini walau bukan termasuk film yang spesial seperti House Of Flying Dagger , Hero dan film berkualitas tinggi lainnya , bagi penulis cukup menghibur. Bai Jing berperan sebagai gadis yang menarik tapi tomboi yang kontradiksi dengan calon suaminya kelak ,  yang diperankan oleh  Yu Shaoqun . Baijing dan Yu Shaoqun  didukung oleh beberapa veteran seperti Kara Hui , Collin Chou , Yuen Wah dan disutradai oleh Joe Cheung.

Kehilangan ibunya semenjak kecil , Yim Wing Chun [Bai Jing] tumbuh sebagai gadis tomboi yang suka dengan ilmu bela diri. Yim berjodoh dengan Ng Mui yang kelak menjadi gurunya. Ng Mui adalah sisa dari pelarian Shaolin yang ditindas oleh pemerintah Qing. Ng Mui adalah salah satu buronan pemerintah yang terus dicari oleh tim pemburu yang dipimpin oleh mantan kekasihnya. Untuk lebih jelasnya bisa melihat tautan ini : http://web.budaya-tionghoa.net/seni-dan-hobby/sinematografi/555-fim-qkungfu-wing-chunq-kisah-pendekar-wanita-pendiri-aliran-wing-chun

Bai Jing.jpgDITUSUK SUAMI SAMPAI TEWAS

Penulis belum sempat menyaksikan film-film lain dari Bai Jing yang diramalkan akan menjadi the next Michelle Yeoh ini , ternyata sudah keburu mendengar kabar meninggalnya Bai Jing karena diduga dibunuh oleh suaminya.

Menurut Telegraph (29 Februari 2012) , Bai Jing ditemukan oleh polisi sudah tewas di rumahnya di distrik Chaoyang , Beijing . Suaminya , Zhou Chenghai ,berusia 44 tahun diduga sebagai pelaku dan melakukan bunuh diri setelah membunuh istrinya. Sebelumnya Bai Jing sudah meminta perceraian dari suaminya . (Telegraph , 2012)

Dari BBS China Daily , disebutkan pula bahwa berita kematian Bai Jing sudah tersebar sejak jam 3 PM waktu setempat melalui Sina Weibo (equivalen Twitter). Pembunuh sudah lama terlibat dalam perselisihan rumah tangga diantara pasangan dan kematian ibunya pembunuh sebulan sebelumnya (31 Januari)  memperparah hubungan antara pasangan suami istri yang umurnya berbeda lima belas tahun ini.

RUMOR

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa milioner Zhou , suami Bai Jing , menjadi kaya melalui stock market dan memiliki banyak properti. Zhou telah bercerai dengan istri pertamanya dan mempunyai satu anak dari pasangan sebelumnya. Zhou juga menginvestasikan uang yang cukup besar dalam karir Bai Jing. Mereka menikah di bulan Oktober 2010.

Rumor lain menyebutkan bahwa Bai melakukan konspirasi dengan pacarnya untuk mencuri 20 juta Yuan dari Zhou dan menyewa seorang wanita untuk merayu Zhou untuk mengatur skenario dan memuluskan perceraian . Ibu Zhou mati dalam kemarahan sejak awal tahun setelah mengetahui hal ini.

Rumor ini dibantah oleh sutradara Zhang Tongzhu yang pernah berkerjasama dengan Bai Jing yang memerankan film yang dia sutradarai , “Kungfu Wingchun” . Zhang menganggap bahwa Bai adalah gadis tak berdosa dan pekerja keras.

PROFIL

Bai Jing 白静 atau Bak King,  Bak Ching,  Bak Zing,  Pak Ching , lahir di Yixian , Liaoning, pada tanggal 4 Juni 1983 dan menempuh pendidikan di Central Academy Drama . Berasal dari suku bangsa Liaoning Xibe , yang merupakan subgrup dari suku bangsa Xibe yang bahasanya masih serumpun dengan Manchu-Tungusic.

Sepanjang karirnya cewe bertinggi badan 165 cm ini sudah membintangi film Three Kingdoms : Resurrection of The Dragon (2008) , penulis tidak “ngeh” dengan penampilannya dalam film tersebut. Penulis belum menonton film lainnya seperti Iron Men (2009) dan A Tale Of Two Donkeys di tahun yang sama.

Kisah tragis Bai Jing ini mengingatkan penulis akan kisah tragis pemeran Oey Yong ,  Barbara Yung Meiling di tahun 1985

Pandora

http://web.budaya-tionghoa.net/tokoh-a-diaspora/sosialita/1750-bai-jing-1983-2012–akhir-tragis-dari-qthe-next-michelle-yeohq

Budaya-Tionghoa.Net |Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

 

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1750-bai-jing-1983-2012--akhir-tragis-dari-the-next-michelle-yeoh

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto