A+ A A-

Kho Liang Ie [1927-1975] : Designer Terkemuka Di Belanda

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Kho Liang Ie lahir di Magelang, Jawa Tengah , Indonesia ,  pada tanggal 5 Agustus  tahun 1927. Kho Liang Ie pindah ke Belanda pada tahun 1949 untuk studi bidang design di Institut for Applied Art - IVKNO (Instituut voor Kunstnijverheid sonderwijd , sekarang menjadi Gerrit Rietveld Academy -  Amsterdam . Kho lulus di tahun 1954 dan salah satu karya terbesarnya adalah rancangan interior untuk Bandara Schiphol Amsterdam

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Karir awalnya dimulai dari "Good Wonen Foundation" (Good Living Foundation) yang membawanya ke lingkungan industri furniture. Kho berkerja selama dua tahun dari tahun 1954-1956.

Di tahun 1958 dia mulai berkerja di Artifort  sebagai konsultan estetik dan designer. Selain itu Kho Liang Ie berkerja free-lance  juga untuk C.A Ruigrok di Katwijk , yang bergerak dibidang konstruksi tubular untuk  furniture khusus seperti  kursi kantin , meja teras , mebel kantor dan kursi meeting

Kho memberikan kontribusi kepada Artifort ke pasar internasional. Karya Kho Liang Ie menarik perhatian dari designer asing seperti Pierre Paulin dan Geoffrey Harcourt yang membuat pengaruh Kho masih terlihat sampai masa sekarang.

 

Kho memiliki ciri dengan ide-idenya yang original dan kreativitas dan rasionalitasnya. Kho mengembangkan sistem bagaimana merancang dengan rancangan yang sederhana dan  detail , sekaligus memenuhi standar  industri  . Kho Liang Ie mulai populer ketika merancang untuk proyek Bandara Schiphol. Karyanya merefleksikan kemurnian , kehangatan dan kebebasan.

Kho meninggal dunia pada tanggal 1 Januari tahun 1975 di usia yang relatif muda , 48 tahun. Semasa hidupnya , ia bukan saja dikenal sebagai designer yang berpengaruh di Belanda tetapi juga aktif dalam berbagai ekshibisi. Kho Liang Ie meninggalkan pula biro design yang didirikan pada tahun 1968 , Kho Liang Ie Associates , yang pengelolaannya diteruskan oleh rekan kerjanya.

Salah satu contoh rancangannya ada diatas . Foto diambil dari bonluxsat.com

REFERENSI :

  1. http://www.artifort.nl/
  2. Macel , Voertman , van Wijk , "Catalogue Of The Delft Faculty Of Architecture Collection" , 2008
  3. [Photo] www.bonluxsat.com

 

 

 

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onMonday, 24 September 2012 12:05
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1756-kho-liang-ie-1927-1975--designer-terkemuka-di-belanda

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto