A+ A A-

Diskusi Makna Shifu 師父

  • Written by  Ardian Changianto
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Ini adalah suatu diskusi tentang apa itu shifu  師父 atau suhu

L  : saya tidak pantas dipanggil shifu 師父 oleh kalian, karena apa yang saya  ajarkan itu adalah warisan pengetahuan dari para sesepuh dan diwariskan  turun temurun. Dan kita tidak ada ikatan batin antara guru dan murid,  yang ada hanyalah ikatan guru dan murid dalam menyampaikan pengetahuan.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}



A: Bedanya apa ? Sama2 ngajarin toh ?

L : sebutan shifu 師父 adalah suatu sebutan yang mengikatkan antara pengajar  dengan yang diajar dan ikatan itu memiliki tanggungjawab besar, antara  lain membimbing perkembangan moral dan mental si murid serta harus  menjadi orang tua yang mengayomi. Adalah sebutan yg amat berat yg dapat  ditanggung oleh orang yang seperti saya ini. Shifu 師父 memiliki 2 karakter  yaitu shi 師 dan fu 父, artinya shi 師 adalah yang mewariskan pengetahuan, yang  menjadi contoh dan fu 父 adalah sifat seorang bapak yang mengayomi dan  memberikan segalanya kepada sang murid, fu 父memiliki suatu sifat  keberanian dan menangkap, artinya shifu berhak memilih murid dan harus  berani menghadapi segala resiko yang ditimbulkan oleh muridnya itu. Lao  Shi 老師 hanya bermakna dari kata lao 老 adalah yang lahir lebih dahulu atau org  yang sudah tua dan memiliki pengetahuan yang bisa diberikan kepada  orang lain, dengan kata lain arti kata laoshi bisa diartikan orang yang tahu terlebih dahulu daripada kita. Demikian juga arti kata xiansheng 先生 yang pada jaman dahulu adalah guru pengajar atau orang yang berpengetahuan luas, dengan arti adalah tahu terlebih dahulu.

Dan pengangkatan seorang shifu itu harus melalui ritual yang  intinya adalah si murid memberikan dan mengabdikan hidupnya untuk shifu  師父 dan shifu 師父 berkewajiban membimbing muridnya sepenuh hati dan  bertanggungjawab penuh. Karena beratnya makna seorang shifu 師父, jadi saya  tidak berani menerima panggilan itu, tinggal waktu yang menentukan,  selain itu adalah si calon murid memiliki waktu untuk berpikir panjang  tentang shifunya itu, apakah layak dan pantas disebut seorang shifu 師父.

A: Jadi kalau ada orang yang disebut shifu 師父 oleh banyak orang ?

L : Jika sebutan itu diberikan, ingatlah dahulu, apakah pantas atau  belum dipanggil seperti itu ? Kalau bangga dengan sebutan itu, lihatlah  perilakumu sudah bisa bertanggungjawab atas dirimu dan kehidupanmu belum  ? Sebutan itu berat tapi banyak orang yang suka karena mengangkat  dirinya dan itu adalah prestige duniawi. Karena itu di Taiwan banyak  spiritualis tidak berani menyebut dirinya shifu 師父 dan seorang shifu 師父 biasanya tidak memiliki murid yang banyak karena beratnya beban yang  ditanggung oleh seorang shifu.

A : Kalau bhiksu 和尚 dan daoshi 道士 disebut shifu ?

L : Lihat mereka menyebut dirinya adalah pin dao 貧道 atau pin seng 貧僧 artinya  adalah bukan bhiksu yang miskin atau daoshi yang miskin. Sebutan diri  itu utk pengingat bahwa dirinya belum layak disebut shifu 師父 . Karena arti  kata pin 貧 tidak selalu miskin tapi juga bisa berarti belum cukup atau  belum layak. Jika mau dikaitkan dengan miskin artinya adalah sumpahnya  yang terkait dengan kaul kemiskinan. Mereka disebut shifu karena mereka  harus mengabdikan diri mereka dan membuat janji pada diri mereka selain  tentunya janji kepada para dewata dan juga janji kepada manusia utk  bertekad mencapai pencerahan dan menolong umat manusia, selain itu mereka juga memiliki kewajiban membimbing manusia agar menjadi baik lagi dan menjadi panutan bagi masyaraka. Sekali lagi ini  adalah kondisi yang idealnya seperti ini.

A: Jika ada orang menyebut saya shifu atau anda sebagai shifu ?

L: Saya pribadi akan menolaknya dan tidak ada kewajiban bagi murid2  saya termasuk yang mendapat pengajaran khusus untuk memanggil shifu  kepada saya, karena sebutan itu harus keluar dari hati yang terdalam  sebagai wujud penghormatan dari siswa kepada gurunya. Tidaklah perlu  meminta orang membungkukkan badan utk menghormati sang guru, karena org  harus menghormati itu berdasarkan yang timbul dari hati nurani sendiri,  bukan sekedar ritual terus memanggil shifu karena paksaan yang timbul  karena ritual guru dan murid telah dilakukan. Karena itu arti kata fu  selain ayah adalah menangkap dan menangkap ini bisa diartikan adalah  menangkap batin orang agar bisa timbul perasaan hormat dan perasaan  hormat itu lahir bukan karena dibuat2 dan seorang shifu tidak perlu  bermanis2 muka agar dihormati, jadilah contoh dan bukalah wawasan orang2  yang ada.

Ardian Changianto

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1762-diskusi-makna-shifu-%E5%B8%AB%E7%88%B6

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto