A+ A A-

Marga Deng | Teng | Then | Tang

  • Written by  Liang U
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Sne Teng adalah salah satu sne (marga) besar.  Dalam Mandarin berbunyi Deng,  dialek Hokkian Teng, dialek Hakka Then, dialek Konghu Tang.   Sne ini adalah sne-nya arsitek pembangunan ekonomi Tiongkok Deng Xiaoping.  Ada tiga asal usulnya yaitu dari kaisar dinasti Xia (He) , dari kaisar dinasti Shang (Siang) dan dari sne atau marga Li.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}
{module [275]}

Kaisar Dinasti Xia (He) yang bernama Zhongkang mengangkat anak cucunya menjadi penguasa di Kabupaten Deng, propinsi Henan sekarang. Keturunannya yang mengggunakan nama tempat ini sebagai sne-nya.

Kaisar dinasti Shang (Siang) Shang Wuding (Siang Bu Ting) mengangkat pamannya  menjadi penguasa di Dengzhou, propinsi Henan sekarang dan bergelar Man Hou. Kemudian diangkat lagi di negara Deng, kabupaten Meng, propinsi Henan. Keturunannya berkuasa selama 600 tahun. Pada zaman dinasti Zhou Barat (dinasti Zhou sebelum ibukota dipindahkan ke timur). Pada tahun 678 sebelum Masehi dihancurkan negara Chu (Chou), sebagaimana lazimnya keturunannya menjadikan nama negara Deng sebagai sne-nya.

[Foto Ilustrasi :  Deng Xiao Ping , 29 Januari 1979 , This media is available in the holdings of the National Archives and Records Administration, cataloged under the ARC Identifier (National Archives Identifier) 183165]

 

Asal usul lain marga ini berasal dari sne Li. Pada zaman Lima Dinasti dan Sepuluh Negara, anak ke-8  dari raja Tang Selatan Li Yu yang bernama Li Congyi , diangkat jadi raja negara Deng. Pada tahun 975 negara Tang Selatan dihancurkan negara Song Utara. Raja Song Taizong menangkap raja negara Deng, putera raja yang bernama  Li Tianhe melarikan diri, keturunannya menggunakan Deng sebagai sne-nya.

Junwang dan pusat leluhur dari sne Teng yang tidak menggunakan nama tempat/junwang, di antaranya Qianshu Tang dan Pingshou Tang.

Junwang lain adalah: (1) Nanyang, di kota Nanyang, propinsi Henan. (2) Anding, di kota Guyuan, propinsi Ningxia. (3)   Gaomiguo, di Gaomi, propinsi Shandong. (4) Pingyang, di sini sne Deng dimulai oleh Deng You. (5)  Chen Jun, di Kabupaten Chen, dimulai oleh Deng Yue.(6) Luoyang, dimulai oleh seorang Jenderal Deng Can pada zaman  dinasti Han Timur, (7)  Xiangling, di kabupaten Xiangfen, propinsi Shanxi. Apa itu junwang atau pusat leluhur ? Anda bisa melihatnya di sini : http://web.budaya-tionghoa.net/home/549-asal-usul-sne-dan-pusat-leluhur-jun-wang

LIANG U

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1777-marga-deng-%7C-teng-%7C-then-%7C-tang

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto