A+ A A-

Mencari Buku Terjemahan Sun Tsu Yang Baik

  • Written by  Eddy PW
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Seorang member kebingungan mencari buku Sun Tzu dalam bahasa Indonesia atau terjemahan dalam bahasa Inggris yang memadai.  Dia hanya tahu sekilas saja soal Sun Tzu ,berupa kutipan-kutipan atau cerita-cerita yang terpenggal. Terlebih lagi ketika mencari ke toko buku Gramedia . Disana ada begitu banyak buku yang membahas soal Sun Tzu dan akhirnya kebingungan sendiri. Yang dia inginkan adalah buku yang melulu berisikan hal mengenai Sun Tzu , sedangkan yang dia temukan buku karangan orang lain dan berisi sedikit mengenai Sun Tzu. Jadi dia memohon bantuan referensi , judul , pengarang dan penerbitnya. 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Sebenarnya dari banyak sekali buku mengenai Sunzi Bingfa , yang cukup berbobot biasanya digunakan dalam kelas-kelas akademik internasional , contohnya yang dikompilasi oleh Roger Ames. Ada terjemahannya dalam bahasa Indonesia dan sampulnya berwarna hitam dan cukup tebal halamannya. Sebenarnya lebih bagus jangan baca terjemahan, tetapi langsung Sunzi Bingfa dalam bahasa Tionghoa, karena bahasanya yang klasik (wenyan) perlu interpretasi khusus, jadi tiap orang atau penulis bisa memahami dengan pandangan yang berbeda. Dianjurkan baca buku-buku sejarah Tiongkok baru kemudian membaca Sunzi Bingfa.

File:Bamboo book - binding - UCR.jpg[Foto Ilustrasi (ditambahkan oleh admin) : vlasta2, bluefootedbooby on flickr.com, "A Chinese bamboo book, open to display the binding and contents. This copy of The Art of War (on the cover, "孫子兵法") by Sun Tzu is part of a collection at the University of California, Riverside. The cover also reads "乾隆御書", meaning it was either commissioned or transcribed by the Qianlong Emperor" , 12 January 2007 , This file is licensed under the Creative Commons Attribution 2.0 Generic license.]

Dari banyak diskusi saya dengan para ahli-ahli strategi di Beijing, mereka mengatakan bahwa Sunzi Bingfa sebenarnya bukan strategi militer murni, melainkan menekankan pada aspek psikologis. Mereka memberi gambaran yang sangat-sangat sederhana, seperti layaknya kita duduk di ruang ujian, maka semua peserta yg ada di situ adalah kompetitor kita. Yang disiasati adalah bagaimana menghancurkan pertahanan mental/psikologis, bukan dengan adu kekuatan fisik.

Dalam membaca karya aslinya, hati-hati untuk memahami situasi dan kondisi yang ada ,  karenanya akan sangat berguna kalau Anda tahu dulu bagaimana sejarah Tiongkok. Banyak buku-buku tentang penerapan Sunzi Bingfa dalam bidang bisnis dan berbagai bidang lainnya.  Saya sendiri terakhir sebelum meninggalkan Jakarta pernah menguji satu mahasiswa di UI yang mengambil skripsi tentang interpretasi awal Sunzi Bingfa berdasarkan teks aslinya, sekarang anak itu sudah berada di Kelas Bisnis International NTU-Spore.

Ada buku lain yang lumayan berbobot karangan FOO Check-Teck berjudul
Reminiscences of an Ancient Strategist: Mind of Sun Tzu, Gower, 1997, tapi entah ada dapat ditemukan tidak di toko-toko buku di Indonesia, saya cuman punya copy-nya. Ini penerapan lebih macro ke perusahaan-perusahaan dunia dan negara-negara atau kawasan-kawasan seperti ASEAN.

Sekilas profilnya :

FOO Check-Teck (Associate Professor) NTU-Spore | PhD (St Andrews, UK, 1990) MBA (Finance, City University, 1982) LLB (Hons., London), Barrister-at-Law (Lincoln's Inn), Advocate and Solicitor (Supreme Court of Singapore), FCMA, FCIM, ACIS, CPA, DDG
(IBC, Cambridge, England), Cert-in-Productivity (Japan Productivity Center, Tokyo).

EDDY PW , 19913

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1789-mencari-buku-terjemahan-sun-tsu-yang-baik

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto