A+ A A-

Catatan Perjalanan - Kong Tong san

  • Written by  Harry Alim
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Baru-baru ini saya berkesempatan mengunjungi Kong Tong San. Di dalam cerita silat, Kong Tong San ini tempat kedudukan Kong Tong Pay. Memang tidak sepopuler seperti Bu Tong Pay atau Siauw Liem Pay, tapi hampir setiap cerita silat dulu yang standar, merujuk ke perguruan Kong Tong Pay, salah satunya.

Kong Tong San terletak 11 km sebelah barat kota Ping Liang, hampir di ujung timur propinsi Kamsiok (Gansu). Dapat ditempuh dengan bis selama 6 jam dari Tiang An (Xian) atau kereta api kurang lebih 7 jam.

Pengunjung biasanya di "bawa" ke atas pada level kurang lebih 1600 meter dengan sky lift atau kendaraan beroda empat. Kontur tanah pada level 1600 yang berada di depan ini seperti teras di mana banyak terdapat "kelenteng (kuil)" Tao dan ada juga satu "kelenteng" Budha. Di belakang teras ini menjulang suatu puncak setinggi kurang lebih 1900 m, kemudian di belakangnya ada sebuah lembah yang lebih dalam sampai level lebih kurang 1300 m, baru kemudian ada puncak lagi setinggi 2000 meter.

Pengunjung biasanya akan berjalan mengelilingi beberapa kelenteng yang berada pada teras level 1600 dan kemudian akan mendaki ke puncak yang di belakangnya. Nah perjalanan mengelilingi beberapa kuil yang terletak di puncak inilah yang berat karena harus mendaki sampai 300 meter.

Pemandangan kong tong san tentu saja jadi khas, seperti yang tergambar dalam beberapa lukisan dari tiongkok.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

REFERENSI

  1. http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/21462
Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1854-catatan-perjalanan-kong-tong-san

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto