A+ A A-

Teknik Peramalan Zhangguo Xingzhong

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net |Zhangguo Xingzhong adalah teknik peramalan yang dibuat oleh salah satu dari 8 Immortals yang terkenal, yaitu Zhang Guolao pada masa dinasti Tang. Teknik ini sangat rahasia, dan konon masih tersimpan rapi di gunung Wudang dan tercatat dalam ensiklopedia SiKu QuanShu . Jika pemerhati budaya dan sejarah Tiongkok, pasti tahu apa itu ensiklopedia SiKu QuanShu.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Taiyi Shenshu menghitung berdasarkan hitungan Tiang-gan dan Dizhi, sedangkan yang disebut teknik peramalan bintang atau xingzhan ( bisa juga kita sebut zhanxing ) adalah benar-benar meramal pergerakan bintang di langit. Tekniknya tetap tidak lepas dari Ganzhi dan 5 unsur serta Yinyang.

Secara sederhana, garis horizon pada bintang yang melintang di
langit itu dibagi 12 berdasarkan perhitungan Dizhi serta membagi dengan 10 sesuai perhitungan Tian-gan.

Secara historis, teknik peramalan bintang yang menggunakan
konstelasi bintang di langit hanya berkembang di kerajaan dan mereka yang menguasai teknik itu (baik dari Ruist maupun Taoist ) dijaga ketat oleh pihak kerajaan dan jika ada membocorkan, biasanya kepala menjadi taruhannya. Karena peramalan bintang di langit itu yang lebih dipakai untuk meramalkan bencana alam, kejayaan suatu negara atau orang yang berpangkat. Rasanya para penggemar cerita klasik seperti Sanguo Yanyi pasti pernah membaca cerita bahwa Sima Yi dengan melihat bintang di langit bisa meramalkan bahwa Zhuge Liang sudah meninggal.

Secara umum, seperti teknik ZiWei memang menggunakan bintang, tapi
dalam Ziwei itu merupakan sistem perhitungan dan menggunakan bintang sebagai simbol atau perlambang. Sedangkan xingzhan benar-benar
menggunakan konstelasi bintang yang ada di langit. Misalnya penggunaan istilah Po Jun, Tan Lang dalam Ziwei sedangkan dalam konstelasi bintang di langit memang ada bintang yang disebut Tan Lang, Po Jun, Wen Qi yang merupakan bagian dari rasi Bei Dou.

Sekedar tambahan menurut catatan historis, diperkirakan yang membuat
Ziwei adalah Chen Tuan yang merupakan guru dari Xu Ziping. Sedangkan Qimen Dunjia dibuat oleh Liu BoWen, tapi Qimen Dunjia ala Liu Bowen berbeda dengan Qimen Dunjia dari sekte Qingwei.

Hormat saya,
Xuan Tong , 21760

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1862-teknik-peramalan-zhangguo-xingzhong

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto