Logo
Print this page

Pembagian Sub-Dialek Dalam Bahasa Hakka

Budaya-Tionghoa.Net | Dialek standard bahasa Hakka adalah dialek Meixian (nama kabupaten di Guangdong), yang sekarang disebut Meizhou shi (kota Meizhou). Pembagian sub-dialek bahasa Hakka menurut Dr. Lau Chun-fat adalah (1) Jiaying , (2) Minxi-Gannan , (3) Yuemin dan (4) Yuezhong.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Subdialek Jiaying tersebar dikawasan Guangdong Utara, Guangdong Timur Laut, Guangxi, Sichuan Timur, Taiwan, dengan pengguna sekitar 24 juta. Sub-dialek Minxi-Gannan tersebar dikawasan Fujian Barat dan Jiangxi Selatan, dengan pengguna sekitar 10 juta. Sub-dialek Yuemin tersebar dikawasan Guangdong Tenggara dan Fujian Selatan, dengan pengguna sekitar 1 juta dan sub-dialek Yuezhong tersebar dikawasan Guangdong Tengah dengan pengguna 1 juta. Jadi bisa dilihat bahwa subdialek Jiaying merupakan subdialek terbesar.

Subdialek Jiaying terbagi lagi kedalam dua kelompok yaiutu Meixian yang terdiri dari tujuh logat dan Wuhua yang yang terdiri dari lima logat. Tujuh logat Meixian itu adalah Meizhou , Sixian , Huiyang-bao , Huiyang-bao, Yuexi-Guangxi, Xinning, Hailu dan  Gannan Guangdong. Lima logat Wuhua adalah Wuhua , Yuebei , Jiexi , Dongguan , Sichuan dan Tonggu. Logat Meizhou (dahulu: Meixian [Moiyan]) mencakup bahasa di daerah  Meizhou, Dabu [Thaiphu], Jiaoling, Pingyuan, Longchuan, Zijin (semuanya di Guangdong).

Sepengetahuan saya, mayoritas orang Hakka di Jawa termasuk logat Meixian (Jiaying-Meixian-Meizhou). Selain itu ada juga beberapa yang berasal dari Xingning [Hinnen] (Jiaying-Meixian-Xinning) dan Yongding [Yunting] (Minxi-Gannan).

Untuk orang Hakka di Bangka-Belitung dan Kalimantan Barat, saya tidak tahu termasuk logat yang mana. Tetapi kalau melihat perbedaan dengan dialek Moiyan, kelihatannya logatnya mirip dengan logat Hailu [Hoiluk] (Jiaying-Meixian-Hailu).

Moiyan    Hoiluk
Wong      Bong    (kuning)
Yong       Jong     (kambing)
Nyi          Ngi       (kamu)
Nyan       Ngan    (mata)

KINGHIAN .

MBT.12033.2204.2005

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1874-pembagian-sub-dialek-dalam-bahasa-hakka?tmpl=component&print=1
Budaya Tionghoa Copyright © 2003 - 2013 .