A+ A A-

Beberapa Pandangan Tentang Kematian

  • Written by  Ardian Cangianto
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Ada beberapa pandangan  tentang  kematian dalam Budaya Tionghoa . Salah satunya seperti ujar Kong Zi tentang "tidak tahu hidup bagaimana tahu mati?". Pandangan lain dalam Lun Yu mengaitkan dengan takdir (ming) "Hidup dan mati sesuai dengan ming (takdir)". Figur lain seperti Zhuangzi mengatakan "Tidak menyenangi  hidup tidak membenci kematian" dalam neipian dazong zhi . Dalam konsep Taoisme disebutkan bahwa "Yang memiliki DAO tidak mati dan  tidak hidup", dimana dalam kitab Daode Jing dituliskan shengsha yang bermakna kematian dan kehidupan ada dalam DAO. Demikian beberapa pandangan yang ada. Untuk lebih jelasnya silahkan simak point-point dibawah ini . (Adm)

Artikel Terkait:

{module [201]}

1. 未知生焉知死 wei zhi sheng yuan zhi si

"Tidak tahu hidup bagaimana tahu mati ?" Ujar Kong Zi ini sering kali diartikan bahwa Kong Zi tidak membicarakan alam kematian, memang bisa diartikan demikian tapi sesungguhnya ini adalah rangkaian pembicaraan antara Kong Zi dengan muridNya Zi Lu 子路 yang diawali dengan Zilu bertanya tentang cara menghormati  Gui Shen 鬼神, dimana Kongzi menjawab,”Tidak mengetahui bagaimana cara mengurus manusia, bagaimana bisa mengurus dan menghormati gui ?”. Zilu kemudian berkata,”Memberanikan diri bertanya tentang kematian.” Kong Zi menjawab, “Tidak mengetahui bagaimana cara kita hidup yang benar, bagaimana mengetahui kematian ?”

季路问事鬼神。子曰:“未能事人 焉能事鬼?”曰:“敢问死。”曰:“未知生 焉知死?”  论语 先进

Gui 鬼 secara umum sering diartikan sebagai setan atau roh gentayangan, tapi dalam pembahasan bait tersebut arti kata gui memiliki arti leluhur. Kata-kata tentang gui 鬼 yang bermakna leluhur juga ada di bait yang lain, misalnya dalam kitab Lun Yu bab Weizheng 论语 为.

Kong Zi bersabda,”Bukan leluhur sendiri tapi dihormati adalah menjilat.”子曰:“非其鬼而祭之 谄也。”

Kata-kata Kong Zi mengenai alam kematian, itu adalah pragmatisme 实用主义  yang bersifat kerohanian atau religius[1]. Dengan menepis membicarakan hal-hal seperti itu, tentunya lebih bertujuan agar manusia lebih mengarahkan pembahasan yang lebih berguna dalam kehidupan mereka. Atau bisa diambil pengertian lain, urusan yang mendasar seperti mengurus manusia saja tidak bisa, bagaimana mau mengurus leluhur ? Tidak tahu bagaimana hidup dan arti kehidupan, kenapa berpikir terlalu jauh ?

Belajar dahulu bagaimana mengurus manusia dahulu baru mengurusi yang telah meninggal, belajar bagaimana hidup, baru berpikir masalah kematian. Inilah maknanya yang terutama dari secuil ujar Kong Zi itu. Pandangan alam kematian Ruism 儒教 amat sangat berbeda dengan pandangan alam kematian umum yang kita kenal, hal ini perlu kita garis bawahi dan akan dibahas di bab selanjutnya.

2. 死生有命 论语 颜渊

"Hidup dan mati sesuai dgn ming( takdir)". Pendapat seperti ini tertuang dalam Lun Yu 论语  yang dituturkan oleh Zi Xia子夏, murid Kong Zi. Selain itu juga ada dalam kitab Zhuang Zi [2] , mati dan hidup adalah ming ( takdir ) 死生,命也 内篇大宗师

Pengertian ming 命 dalam kematian yang sering diartikan takdir, bisa diartikan adalah hal yang tidak dapat dielakkan atau disatu sisi bisa diartikan gejala atau fenomena alami. Disisi lain pengertian 命 juga bisa berarti mandat. Dalam hal ini, kematian bukanlah hal yang menakutkan tapi merupakan hal yang wajar dan alami. Ada kehidupan pasti ada kematian. Pandangan kaum Ru dan kaum Tao memiliki kesamaan dalam pandangan ini.

3. 不知悅生不知惡死

Tidak menyenangi  hidup tidak membenci kematian.

Zhuangzi  庄子[3]mengatakan seperti ini dalam neipian dazong shi 内篇大宗师. Kata-kata ini memiliki makna yang mendalam, kenyataan bahwa banyak orang yang menikmati hidup dan takut akan kematian atau juga ada orang yang takut hidup tapi berani menghadapi kematian karena disebabkan banyak hal, misalnya kondisi hidupnya yang nikmat atau buruk akan memberikan suatu pandangan yang berbeda-beda terhadap kematian. Disini ditekankan oleh Zhuang Zi bahwa seseorang yang mengerti hakekat Dao tidak akan beranggapan bahwa kehidupan adalah hal yang menggembirakan dan kematian adalah hal yang menakutkan, demikian juga sebaliknya, kematian bukanlah hal yang menggembirakan dan kehidupan bukanlah hal yang menakutkan. Karena hidup dan mati adalah hal yang alamiah, setiap ada kehidupan pasti ada kematian. Sikapilah dengan wajar, kurang lebih demikian maknanya

4. 有道者不死不生

Yang memiliki DAO tidak mati dan  tidak hidup. Konsep ini adalah konsep Taoism, dimana dalam kitab Daode Jing dituliskan shengsha 生杀 yang bermakna kematian dan kehidupan ada dalam DAO.

5. 死生存亡一體

Kematian dan kehidupan ada dalam 1 tubuh. Konsep ini juga adalah konsep Taoism 道家 yang lagi-lagi dikumandangkan oleh Zhuang Zi. Kematian dan kehidupan berasal dari satu sumber yaitu DAO itu sendiri, jadi tiada hal yang harus dihindari atau dijalankan,

6. 死生自然之道

Mati dan hidup adalah jalannya alam

7. 生死乃氣之聚散  列子《天瑞》

Hidup dan mati adalah qi yang berkumpul dan buyar, kitab  Lie Zi Tian Rui 列子 天瑞. Konsep ini bukanlah milik Lie Zi seorang, tapi sudah ada sejak sebelum Lie Zi.

8. 死生主於陽

Mati dan hidup berpusat di YANG. Pengertian YANG disini adalah POSITIF atau PUSAT yang berarti segala kematian dan kehidupan sebenarnya adalah KEHIDUPAN pula.

9. 生為行而死為歸

Hidup adalah perjalanan dan kematian adalah kembali

10.魂气归于天,形魄归于地礼记

Energi ( Hawa ) hun kembali kelangit,  po ( Bentuk ) kembali ke bumi, kitab Li Ji

11. 众生必死,死必归士,此之谓鬼。礼记 祭义

Semua kehidupan pasti akan mati, mati kembali ke tanah, inilah yang disebut gui , kitab Li Ji. Secara umum pada jaman sekarang ini gui 鬼sering diartikan hantu, tapi pada masa lampau juga bisa diartikan roh yang meninggal.

Dari 11 pandangan yang sempat terpikirkan, ada beberapa yang menjadi dasar pandangan terutama yang berkaitan ritualnya. Tidak dapat dipungkiri masih banyak pandangan-pandangan tentang kematian, roh-roh dari para filsuf-filsuf Tiongkok lainnya seperti Wang Chong 王充, Xun Zi  荀子atau juga tokoh geomancy 风水seperti Guo Pu 郭璞  dan lain-lain yang jika dituliskan akan terlalu banyak. Pengaruh tokoh geomancy akan dituliskan di bab selanjutnya. Dari sekian pandangan itu, akhirnya membuat suatu sikap yang membuat suatu tradisi mempersiapkan diri menghadapi kematian,  walau mungkin orang tersebut segar bugar. Selain yang dikumandangkan oleh para filsuf, perlu diperhatikan disini karena apa yang akan dipaparkan akan menjadi suatu acuan bagi tradisi Tiongkok.

Ardian C ,

http://www.facebook.com/groups/budaya.tionghoa/doc/10150644018747436/
http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua/message/61293

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1875-beberapa-pandangan-tentang-kematian

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto