A+ A A-

John So : Walikota Terbaik Dunia 2006

  • Written by  Dr Han Hwie-Song & Harry Adinegara
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Pada tahun 2006 , pemilihan World Mayor atau  walikota yang terbaik didunia terpilih walikota terbaik ,  John So dari Melbourne, Australia. Tidak dapat diragukan lagi dinilai dari nama marganya beliau adalah Hua Yi, keturunan Tionghoa. Dengan demikian imigran John So dapat dikatakan adalah suatu contoh dari “Australian dream”.

Artikel Terkait:

{module [201]}

File:Cropped version of John So.jpg

John So merupakan inspirasi bagi Hua Yi, yang bisa menjadi walikota dari satu kota yang besar, Melbourne. Beliau menunjukkan kempuannya dan menyelesaikan semua tugasnya dengan baik sebagai seorang yang dapat dipercaya omongannya dan kuat dalam menjalankan prinsipnya.

Nomor dua adalah walikota Job Cohen dari Amsterdam, keturunan Jahudi, mereka masing-masing mendapatkan suara 16000 dan 10000. Keduanya pula asal keturunan luar negeri. Jadi pemilihan yang demokratis ini tidak melihat asal keurunan, yang penting ialah kemampuannya sebagai pemimpin mempunyai sifat-sifat yang baik (virtue) kejujuran, respek, toleransi dan kebebasan.

[Foto Ilustrasi (ditambahkan oleh admin) : AlphaLord Mayor John So and a fan, 10 February 2008]

John So atau Su Zhenxi 苏震西 dilahirkan di Hong Kong pada tanggal 2 Oktober tahun 1946. Dia adalah cendikiawan lulusan Universitas Melbourne yang datang dari Tiongkok pada tahun 1974. Jasa-jasa John So  adalah menghidupkan kehidupan malam di CBD Melbourne. Enam belas tahun lalu apabila anda sempat ke pusat kota, tempat itu mati kecuali China Town district-nya. John So dengan cara intervensinya yang originil membuat kota Melbourne hidup di malam hari. Dia menghidupkan belahan kota barat Melbourne menjadi kota yang tumbuh dengan pesat. Dulu daerah barat adalah daerah industri. Sekarang pekarangan kreta api di-”sulap” jadi perkampungan yang modern.

Sewaktu Commonwealth Game di Melbourne, bahkan Queen Elizabeth-pun tidak mendapatkan sambutan tepuk tangan se-antusias seperti John So di perkenalkan ke dunia melalui pembukaan pesta oleh raga ini. John So adalah satu-satunya lord mayor yang menjabat dua term jabatan wali kota Melbourne secara ber-turut-turut. John So sangat populer dan beliau selalu mehormati prinsip multikultural dengan mensponsori segala macam event dari semua etnis yang ada di Australia. Ini dapat dipakai sebagai contoh dinegara-negara Asia , seperti juga di Indonesia yang baru-baru ini sedang hangat didiskusikan tentang salah satu Tionghua yang menjadi pasangan kandidat gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Han Hwie Song & Harry Adinegara , 22270 , 22258

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1891-john-so--walikota-terbaik-dunia-2006

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto