A+ A A-

Gan Tjong Bing : Perintis Perkembangan Kardiologi Indonesia

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Gan Tjong Bing dilahirkan di Makassar tahun 1920 . Dia adalah seorang internist cardiologist lulusan Belanda.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Di masa Gan Tjong Bing banyak sekali dokter spesialis Tionghua yang turut menentukan perkembangan dari masing-masing spesialisasinya seperti Loe Ping Kian , Siem Kie Ay , Kwee Tien Boh , Pouw Houw Djie , Yo Kian Tjay , Pouw Tek Hie , Oey Hway Kiem , The Tiong Hoo , Yap Hong Tjoen etc. Gan Tjong Bing sebagai dokter  spesialis di Rumah Sakit Jang Se Ie (sekarang Rumah Sakit Husada) – salah satu rumah sakit terkemuka di Jakarta tempo dulu  dan merupakan salah satu founding fathers dari perkembangan kardiologi Indonesia.

Pada tanggal 16 November 1957 , dr. Gan Tjong Bing mendirikan The Indonesian Heart Association (IHA) atau PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia) . Selain itu , Gan menjabat sebagai sekretaris PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia) .  Di tahun 1966 , Gan bersama dr. Ong Kee Hian menerbitkan buku “Penjakit Djantung” (1967).

Dari tabloid profesi khusus Kardiovaskuler (2011) disebutkan bahwa Gan menyadari bahwa Indonesia tidak seperti Belanda . Indonesia berpenduduk besar dengan luas wilayah yang juga besar dan memerlukan banyak ahli jantung dan kebutuhan tersebut harus diantisipasi . Perjuangan untuk mengembangkan pendidikan ahli jantung bukanlah perkara mudah dan tidak menjanjikan jaminan hidup yang layak sehingga dr. Gan Tjong Bing memutuskan kembali ke Belanda dimana dia dahulu menuntut ilmu. Meskipun demikian   dr. Gan Tjong Bing telah berbuat sesuatu bagi Indonesia . Jasanya selalu dikenang oleh lima ratusan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang tersebar di seluruh Indonesia.

REFERENSI :

  1. Dr. Han Hwie Song , (2008) ,”Rumah Sakit Yang Didirikan Oleh Masyarakat Tionghoa” , 36357
  2. Tabloid Profesi Kardiovaskuler , November 2011

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(4 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1909-gan-tjong-bing--perintis-perkembangan-kardiologi-indonesia

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto