A+ A A-

Canada: Negara Kaya Pelopor Sistem Multikultur

  • Written by  BH Jo
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Hampir setiap bulan saya ke Canada karena anak-anak kami berdomisili di Canada . Anak-anak kami tidak mau ke Amerika Serikat walaupun sudah saya dapatkan greencard untuk Amerika . Untuk wawasan potensi pekerjaan yang lebih luas karena ketentraman dan kepuasannya di Canada. Walaupun begitu perubahan tentang kultur atau keadaan di Canada bisa berasa untuk saya.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Mayoritas imigran untuk Canada sekarang ini adalah dari China, kemudian India, Filipina, Pakistan, Amerika etc -- telah merubah kultur di Canada, "slowly but steadily". Perlu diketahui bahwa Canada adalah negara pelopor dari "sistem multikultur" (juga sering disebut sebagai "Cultural Mosaic").

Setiap tahun di-kota-kota besar diadakan perayaan "Heritage Day" dimana setiap etnis atau ras dianjurkan menunjukan kulturnya kepada publik atau rakyat yang terdiri dari macam-macam etnis. "Heritage Day" seperti pasar malam yang berlangsung tiga hari, siang dan malam. Dimana setiap etnis menunjukan pakaian etnis, makanan etnis, tari-tarian, musik etnis etc , untuk publik. "Heritage Day" ini didukung oleh pemerintah setempat dan Federal Government. Canada adalah satu negara idaman untuk calon imigran.

Yang sangat baik dan menentramkan adalah sistem multikultur tersebut diatas dimana asimilasi tidak dianjurkan apalagi dipaksa dan kalau tidak mau berasimilasasi atau tidak mau berintegrasi juga boleh seperti adanya China town atau Indian, Italian district etc. Di-daerah orang-orang kaya dari Hong Kong (daerah Burnaby di Vancouver) juga tersendiri sebab jarang orang yang bisa beli rumah mahal didaerah ini. Orang Canada boleh mempunyai warganegara ganda atau dual atau multiple citizenship.

Canada adalah negara maju bukan karena kekayaan alamnya yang luar biasa tetapi teknologinya juga termasuk yang termaju didunia. Canada memproduksi dan menjual kereta api, kapal terbang jet etc,  ke-negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Eropa. "Canadian Robotic Arm" adalah alat teknologi yang dipakai oleh US Space Shuttle dan International Space Station. Sepertiga dari penduduk Canada mempunyai pendidikan college/universitas.


Setiap hari Natal  sampai Tahun Baru  saya selalu di Canada dimana waktu ini adalah waktu pertemuan sekeluarga (juga waktu liburan untuk anak-anak dan juga bisa mengalami winter dengan saljunya.

Ditempat kami (Province of Saskatchewan) biasanya salju selalu ada dan tidak meleleh dari bulan November sampai bulan Maret dimana salju menutupi atap rumah, kebon dll. Salju yang berada dijalanan menjadi keras atau menjadi es karena dijalani oleh mobil-mobil . Hari ini turun salju sedikit dan temperaturnya kira-kira  minus 6 Celcius dan enak sebab tidak terlalu dingin.

Temperaturnya kadang-kadang bisa sampai minus 35 Celcius atau lebih dingin lagi. Kalau musim dingin , oli dari mobil harus diganti dengan yang encer. Walaupun begitu,  tempat oli harus dipanasi kalau temperaturnya dingin sekali sebab oli encer ini masih bisa membeku menjadi seperti es dan mesin bisa tidak mau jalan.

Canada adalah negara kedua terbesar luasnya didunia setelah Rusia, jadi tidak semua daerah Canada dingin kalau musim dingin . British Columbia adalah provinsi yang tidak terlalu dingin waktu musim dingin dimana salah satu kotanya adalah Vancouver.

Pertama kali kami datang ke Canada dari Eropa tahun 1979 untuk berlibur dan melihat-lihat Canada sebagai negara potensial  untuk berimigrasi dan  kami mendarat di Vancouver.

Kami jatuh cinta kepada kota Vancouver walaupun kami sudah banyak melihat kota-kota  dibanyak negara. Keindahan kotanya jarang bisa ditandingi yaitu dipantai laut dan ada gunungnya. Sampai sekarang Vancouver adalah kota favorit kami untuk  masa depan. Didaerah tertentu di Vancouver sudah seperti di Hong Kong atau Singapore saja sebab mayoritas Tionghua

Hari ini saya kekantor pos, tidak tahunya saya surprised dimana "Tahun Anjing " diabadikan diperangko dari Canada.  Ini menunjukan toleransi dari negara "multikultur Canada" dan pengaruh budaya Tionghua yang bertambah kuat di Canada.

Canada Post (2006)  mengumumkan perangko baru untuk Imlek di Ottawa . Pada 6 Januari 2006 , Canada Post mengeluarkan sebuah perangko dan souvenir khusus untuk menyambut tahun baru imlek 2006. Perangko tersebut mengakui kontribusi Asia terhadap kekayaan multicultural di masyarakat Kanada. Perangko tersebut seharga 51 sen untuk domestic dan 1.49 dollar untuk souvenir internasional.


BH Jo , 22578

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1910-canada-negara-kaya-pelopor-sistem-multikultur

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto