A+ A A-

Kisah Qu Bo Yu : Mengenai Peraturan

  • Written by  Xie Zheng Ming
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Pada masa Chun Qiu-antar kerajaan saling berperang, di kerajaan Wei hiduplah seorang yang bernama Qu Bo Yu.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Qu Bo Yu adalah seorang pejabat yang sangat disiplin dalam menjalankan peraturan. Suatu malam beliau mengendarai kereta kuda melintasi depan istana kerajaan.

Menurut peraturan yang berlaku pada jaman itu,setiap pejabat yang melintasi istana kerajaan harus turun dari kereta kuda, menghadap ke arah pintu gerbang untuk memberikan salam kepada baginda raja.

Kebetulan saat Qu Bo Yu melintas,karena sudah larut malam keadaan sangat sepi,tidak ada orang lain selain dirinya sendiri. Sebenarnya Qu Bo Yu dapat saja mengabaikan peraturan yang berlaku,baginda raja pun pasti sudah beristirahat.

Meskipun demikian Qu Bo Yu tetap menjalankan peraturan yang berlaku,beliau turun dari kereta kuda untuk memberi salam kepada baginda raja. Selesai memberikan salam,barulah Qu Bo Yu melanjutkan perjalanan. Belakangan cerita ini menyebar di kalangan rakyat jelata,menjadi bahan pembicaraan yang menuai banyak pujian.


Kisah di atas adalah sebuah cerita sejarah yang di dalamnya mengandung sebuah pesan. Jika kita dapat menangkap maksud cerita tersebut, tidaklah sulit untuk mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Peraturan dibuat adalah untuk ditaati bukan untuk dilanggar,peraturan dibuat untuk kebaikan kita bersama. Marilah coba kita bandingkan cerita tersebut dengan kejadian sehari-hari.

Setiap persimpangan jalan pasti ada lampu lalu lintas,apapun alasannya kebanyakan pengemudi mobil pasti pernah tergoda untuk menerobos rambu tersebut.Sebagai pelajar sudah sewajarnya datang ke kelas sebelum pelajaran dimulai, kenyataannya hampir semua dosen memberikan toleransi keterlambatan kepada kita.

Sebaliknya bila dosen datang terlambat,kebanyakan mahasisawa akan tergoda untuk segera escape.Bukankah sebetulnya mahasiswa dapat melakukan konfirmasi ulang dengan bagian pengajaran fakultas/jurusan sebelum escape?he he he


Semoga kita semua bisa menerapkan teladan Qu Bo Yu dalam kehidupan sehari-hari.

Xie Zheng Ming , 10150766176852436

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1911-kisah-qu-bo-yu--mengenai-peraturan

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto