A+ A A-

Zhu Ziqing [1898-1948] : Essayis & Penyair Terkemuka Tiongkok Di Era Republik

  • Written by  Aris Tanone & Zhonghua Wenhua
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Zhu Ziqing yang lahir di Donghai tahun 1898 dan besar di Yangzhou. Keduanya terletak di provinsi Jiangshu. Dia adalah seorang esayis dan penyair berasal dari Shaoxing di provinsi Zhejiang, gudang orang ternama sepanjang sejarah Tiongkok.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Di tahun 1916 , Zhu menikah diusia relatif muda dengan putri seorang dokter tradisional . Kehidupan pernikahannya bahagia dan mereka dikaruniai enam anak .Di tahun yang sama Zhu mulai mempersiapkan pendidikan lanjutan di Universitas Beijing .

Di tahun 1917 , Zhu mulai kuliah di Universitas Beijing dimana kampus itu juga menjadi pusat dari gerakan 4 Mei di tahun 1919. Tahun 1920 setamat dari Jurusan Filsafat Universitas Beijing, dia mengajar di berbagai sekolah menengah di daerah Jiangshu dan Zhejiang. Di tahun 1924 , Zhu mulai mempublikasi koleksinya , Zongji . Tahun 1925 menjadi guru besar di Universitas Qinghua hingga akhir hayatnya nanti.

Sejak tahun 1930an , essay-essay Zhu menjadi fitur bagi setiap sillabus sekolah di Tiongkok dan juga anthology bagi prosa modern. Semasa perang melawan Jepang, dia menjadi profesor di Universitas Gabungan Barat Laut. Tahun 1946 setelah Jepang menyerah, pindah dari Kun Ming kembali ke Beijing dan menjabat ketua jurusan bahasa Tionghoa di Universitas Qinghua, dan meninggal karena penyakit mag di tahun 1948.

[lihat salah terjemahan di :   http://web.budaya-tionghoa.net/seni-dan-hobby/chinese-literature/150--bayangan-punggung]

Aris Tanone & Zhonghua Wenhua

Budaya-Tionghoa.Net |Mailing-List Budaya Tionghua

 

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1912-zhu-ziqing-1898-1948--essayis--penyair-terkemuka-tiongkok-di-era-republik

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto