A+ A A-

Pouw Tek Hie : Ahli Bedah Universitas Airlangga

  • Written by  Dr Han Hwie-Song
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Dari pengalamaman di masa periode Hindia Belanda sampai  perjuangan kemerdekaan dan sesudah Indonesia merdeka, WNI keturunan Tionghoa  memainkan peranan yang penting, disampingnya itu juga didalam bidang teknologi,  bidang kedokteran, hukum, politik dan budaya terdapat banyak ahli-ahli dan  guru-guru besar dalam bidang bidang tersebut diatas.

Artikel Terkait :

{module [201]}


Bagi para senior generasi  saya tidak sedikit dokter-dokter pribadi dari presiden Sukarno dan
menteri-menteri beliau adalah ahli-ahli Tionghoa. Ahli-ahli Tionghoa bekerja  sama dengan ahli-ahli Indonesia memperkembangkan teknologi baru, atau membawa  sains dari luar negeri ketanah airnya Indonesia. Ternyata teknologi Indonesia periode saya tidak kalah, kalau tidak lebih tinggi dari teknologi  dinegara-negara Asia tenggara, ituwaktu tidak ada turis medis ke Singapore,  Malaysia, atau Thailand.

Contoh lain lagi yang perlu saya tulis disini ialah  Dr. Pouw Tek Hie, ahli bedah, dosen fakultas kedokteran Airlangga, Wei-guo atau  pulang keRRT karena PP 20, dikerjakan sebagai wakil kepala bagian chirurgie  dari rumah sakit Fu Wai, Beijing yang ternama.

Adalah kebiasaan diRRT bahwa  wakil kepala mengerjakan semua kerjaan kedokteran se-hari-harinya dan ketuanya  berfungsi dalam managemen dan pekerjaan organisasi (partai).

Ini menunjukkan  kemahiran Dr. Pouw dalam keahliannya. Dr. Pouw sebelumnya tidak pernah keluar  negeri untuk belajar, hanya di Indonesia saja.

Kontribusi Dr. Pouw dipuji oleh  Kantor Pusat Urusan Hua Chiao diBeijing! Ini saya dengar sendiri sewaktu saya  berada di Beijing pada tahun 1966 waktu diundang ikut menghadiri perayaan hari  berdirinya RRT di Tian An Men. Orang-orang Tionghoa generasi saya disurabaya  tahu siapa Dr. Pouw Tek Hie itu, baik keahliannya maupun kesosialannya

 

Budaya-Tionghoa.Net |Mailing List Budaya Tionghua |  Facebook Group Budaya Tionghua | Facebook Group Tionghoa Bersatu

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1963-pouw-tek-hie--ahli-bedah-universitas-airlangga

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto