A+ A A-

Mengenang Mendiang Barbara Yung [1959-1985]

  • Written by  Kevin Zhang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Bagi anda yang pernah dan suka menonton serial Pendekar Pemanah Rajawali versi 1982 tentu tak asing dengan sosok Barbara Yung Mei Ling 翁美玲.  Barbara Yung adalah artis yang berperan sebagai Oey Yong (Huang Rong/Wong Yung) dan berpasangan dengan Felix Wong yang berperan sebagai Kwee Ceng (Guo Jing/Kwok Jing). Sayang sungguh sayang, artis cantik ini meninggal pada tanggal 14 Mei 1985 di usia 26 tahun. Hanya berselang tiga tahun setelah penayangan perdana Pendekar Pemanah Rajawali 1982.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Foto Pemakaman Barbara YungFoto di samping tulisan ini adalah foto pemakaman Barbara Yung yang saya dapatkan dari hasil pencarian di mesin pencari. Dari foto tersebut bisa dilihat tulisan pada batu nisannya : All The World would be like heaven if we could have you back again. Arti tulisan tersebut kurang lebih adalah dunia akan seperti surga bila kami bisa melihatmu kembali lagi. Lalu bagaimana sosok mendiang Barbara Yung atau Oey Yong tersebut?

Barbara Yung dilahirkan pada tanggal 7 Mei 1959. Dalam bahasa Mandarin, nama aslinya adalah Weng Mei Ling atau Yung Mei Ling. Dia adalah salah satu artis yang meraih puncak karir pada tahun 1980an di Hongkong. Barbara Yung masih diingat sampai saat ini karena peran utamanya dalam serial Legend of Condor Heroes 1982 atau Pendekar Pemanah Rajawali 1982 sebagai Oey Yong / Huang Rong / Wong Yung.

Film Pendekar Pemanah Rajawali menjadi hiburan populer di Indonesia . Pada saat itu stasiun televisi masih terbatas pada TVRI . Sehingga serial ini mendominasi tontonan televisi melalui media pemutar kaset video sebagai piranti yang umum di masyarakat tahun 80an. Barbara Yung dengan penampilan yang menggemaskan dan nakal  masih membekas di kalangan pemirsa yang sempat menikmati serial ini dan

Menurut artikel yang saya baca dari Wikipedia , Yung ditemukan tidak sadar di apartemennya karena keracunan gas pada tanggal 14 Mei 1985 dini hari. Sebelumnya Barbara Yung menjalin hubungan dengan aktor Kent Tong.

Pemakaman tersebut dihadiri oleh para fans dan juga selebriti-selebriti Hongkong. Pada saat pemakaman, peti mati Yung diusung oleh Michael Miu (Yo Kang/Yang Kang), Felix Wong (Kwee Ceng/Guo Jing) , Tony Leung(Tio Bu Ki/Zhang Wu Ji) dan Andy Lau(Yo Ko/Yang Guo). Pada tanggal 19 Mei 1985, jenazah Yung dikremasikan. Abunya kemudian diletakkan di New Market Road Cemetry, Cambridge, Inggris.

Akhir kata, selamat beristirahat dalam damai, Barbara Yung. Peran anda sebagai Oey Yong yang cerdik dan pandai memasak akan selalu diingat orang sampai kapanpun.

All The World would be like heaven if we could have you back again. Bahkan, setelah 26 tahun kepergianmu, penggemarmu masih terus bertambah.


Barbara Yung sebagai Oey YongPendekar Pemanah Rajawali 1982 pernah ditayangkan di Indosiar pada tahun 90an. Kabarnya, Indosiar akan menayangkan kembali serial Pendekar Pemanah Rajawali. Mari kita sama-sama berharap bahwa serial Pendekar Pemanah Rajawali yang akan ditayangkan di Indosiar adalah serial Pendekar Pemanah Rajawali versi 1982 yang dibintangi oleh mendiang Barbara Yung

oleh Kevin Zhang , http://nostalgia90an.blogspot.com

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

 


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(13 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1965-mengenang-mendiang-barbara-yung-1959-1985

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto