A+ A A-

Perbedaan Teh Mancanegara

  • Written by  Andreas Mihardja
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Ada pertanyaan mengenai istilah teh dalam bahasa Inggris dan Rusia yang berbeda. Bedanya antara Russian tea, English tea, Chinese tea dan Japanese tea adalah didalam teknik minumnya dan bahan tehnya sendiri. Teh yang dikonsumsi orang Tionghua dan orang Jepang  berasal dari tanaman camellia sinensis sedangkan masyarakat Eropa biasanya mengkonsumsi teh camelia assamica atau teh Indonesia.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Cara membuatnya juga berlainan. Biasanya kalau teh di Europa semua difermentasi menjadi teh merah atau teh hitam sedangkan yang di Tiongkok dan Jepang banyak yang tidak di fermentasi. Bedanya didalam sari yang untuk Eropa agak keasam-asaman sedangkan yang di Tiongkok atau Jepang agak sepat.

Kemungkinan besar Russian tea berasal dari Georgia dan adalah fermented chinese type tea [teh hitam] . Jadi sangat berlainan dengan teh Inggris yang adalah fermented assamica tea [India]. Tanamannya lain dan kualitasnya juga lain [teh merah]. Cara minumnya di Russia juga lain - mereka mula-mula membuat teh konsentrat yang sangat kental yang disebut Zavarka . Ini  biasanya 5 sendok teh  dan 1 cup of boiling water yang dimasak dalam boiling state selama kira2 5 menit [no oxigen]. Ini campuran sangat konsentrat sekali dan ada narkotik . Campuran ini didilute dengan air yang selalu boiling 1:10.

Jadi teh Russia  adalah teh "bebas oksigen"yang mendidih. Cara minum teh Tiongkok  biasanya tidak memakai konsentrat Zavarka - tetapi biasanya 1 sendok teh untuk satu cangkir. Seduh dengan air mendidih dan langsung buang air tehnya.

Yang diminum adalah seduhan yang kedua . Ini tipikal Tionghua sebab takut penyakit dan katanya seduhan pertama airnya kotor. Juga dengan cara ini cangkir sudah mencapai temperatur dari air panas dan menurut tradisi aroma teh bisa dinikmati lebih baik.

Cara minum teh orang Inggris sangat berlainan - Mereka memakai redtea dari Assam dan diseduh didalam teapot. Setelah kira2 5-10 menit kemudian teh ini diminum dgn gula dan cream [susu kental tanpa gula].

Minuman di Hong Kong dirubah sedikit dengan mengganti teh merah dengan teh hitam dari China.

Cara minum teh Jepang lain sebab mereka memakai unfermented sinensis tea powder. Ini dicampur dengan air hangat dan di kocok dengan  bamboo whisker dan air berikut bubuk tehnya diminum habis. Warna japanese tea powder adalah hijau.

Jadi memang berbeda sekali cara minum teh disetiap bagian dari dunia . Perhatikan es-teh adalah minuman teh Indonesia dan tidak dipakai dilain negara.

ANDREAS MIHARJA

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Photo Credit : Teh Rusia bersama cakenyablogs.babble.com


 

 

Last modified onThursday, 04 October 2012 18:22
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/1986-perbedaan-teh-mancanegara

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto