A+ A A-

Makna Ragam Hias & Ornamen Tiongkok (3) - Qilin

  • Written by  Chendra Ling Ling
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Qilin 麒麟 (Kilin-Hokkian atau Kirin-Jepang) binatang ini adalah lambang panjang umur, kemegahan, kebahagian, kebajikan dan kebijaksanaan. Berwatak lemah-lembut dan ramah, dan dikatakan memiliki semua kualitas kebaikan di antara semua makhluk berkaki empat. Yang jantan disebut Qi, dan yang betina disebut Lin. Qilin digambarkan bertubuh rusa jantan, berekor kerbau, berdahi serigala, berkaki kuda, bersisik ikan, dan bertanduk. Kulitnya memiliki lima warna yaitu merah, kuning, biru, putih dan hitam.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Qilin hanya muncul jika pada jaman tersebut ada kaisar yang bijaksana, Ia diceritakan muncul disaat kelahiran Kong-zi dengan menyemburkan sebuah buku kumala. Muncul terakhir kalinya melambangkan kematian Kong Zi.  Bahkan ada pula yang menceritakan bahwa ibunda Kong Zi menjadi hamil setelah menginjak bekas telapak kaki Qilin, saat beliau bersembahyang di Gunung Ni, namun ada pula versi yang mengatakan bahwa seekor Qilin mendatangi ibunda Kong Zi dan memberikan sepotong batu giok.

Qilin disebut juga Longma (龙马 =  kuda naga), yang  tercatat muncul dari Sungai Kuning (Huanghe) menampakkan diri pada Fu Xi (伏羲),Kaisar Legenda Tiongkok yang pertama, di punggungnya membawa peta mistik, yang dikatakan bahwa dari situlah tulisan hanzi berkembang. Ia termasuk empat  hewan suci dalam legenda Tiongkok : Long, Phoenix, Kura-kura dan Qilin

Ornamen atau lukisan yang menggambarkan seorang bocah yang (kadang membawa teratai) mengendarai Qilin berarti Qilin menghadiahkan seorang putra. Teratai yang dibawa bocah tersebut melambangkan harapan agar seseorang atau sebuah keluarga mendapatkan anak lelaki terus menerus (teratai = lian).


Karena makna tersebut di atas, lukisan Zhusheng Niang-niang (注生娘娘) - Dewi Kelahiran mengendarai Qilin dan menggendong bocah, sering ditempatkan pada kamar pengantin.

Ornamen bordir bergambar Qilin juga sering dipakai pada jubah-jubah pejabat militer peringkat atas.

Facebook Group Budaya Tionghoa |

Last modified onFriday, 05 June 2015 10:21
Rate this item
(2 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2010-makna-ragam-hias-ornamen-tiongkok-3-qilin

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto