A+ A A-

[Q-A] Kwamiah Nama Anak

  • Written by  King Hian | Gunadi Wijaya
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Tanya : Padanan marga saya mandarin adalah chen. Dulu mami saya udah nyiapian nama buat saya yaitu wei an. tapi entah kenapa tidak dikasih. Saya memang dari sononya orang Hokkian, sayangnya buku silsilah catatan keluarga saya entah ada di mana. sudah berusaha di trace tetapi masih tetap belum ketemu. Untuk nama anak rasanya tetap Hokkian, tapi mungkin padanan mandarinnya juga perlu.  Bagaimana pandangan soal ini?

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Jawab : Berdasarkan data kelahiran anak Anda, diperoleh bazi kelahirannya: Pilar Jam Pilar Hari Pilar Bulan Pilar Tahun 戊 Wu (+Tanah) 甲 Jia (+Kayu) 戊 Wu (+Tanah) 丙 Bing (+Api) 辰 Chen (+Tanah) 午 Wu (-Api) 戌 Xu (+Tanah) 戌 Xu (+Tanah)

Tanya : Jadi maksudnya bagaimana ?

Di mana anak Anda berunsur Kayu, dan kayunya adalah kayu lemah.
Unsur yang diperlukan adalah air dan kayu. Nama harus dipilih dengan huruf yang mendekati/menghasilkan air atau kayu. Minimal jangan menghasilkan unsur yang merugikan (tanah dan logam).

Tanya : Jika memang unsur kayu lemah dan kuat bagaimana pengaruhnya terhadap faktor-faktor lain ?


Jawab : Masalah kayu lemah atau kayu kuat. Saya setuju badannya adalah kayu. Dan  kayu yang lahir di musim gugur adalah kayu yang lemah, tapi kalau dilihat lebih teliti lagi, ternyata semua unsur bazinya merupakan unsur lawan, sehingga kayu hanya ada
sendirian di bazi. Sehingga badan menjadi sangat lemah sekali dan berbalik menjadi badan kuat. Sesuai dengan teori yin yang, jika terlalu ekstrim, maka akan berbalik arah, juga di dalam Ba Zi ada sebutan untuk strukturnya yang disebut : Zhong Cai Ge atau follow the wealth. Sehingga kalau terpenuh syarat untuk zhong cai ge maka element yang dibutuhkan oleh anak ini adalah api, tanah
dan logam.....


Tanya : bagaimana pengaruh unsur dalam nama dalam dialek Hokkian dan Mandarin ?


Jawab : Sne Anda dalam bahasa Hokkian mempunyai unsur 'api', sedangkan dalam bahasa
Mandarin mempunyai unsur 'logam'. Karena unsurnya berbeda, untuk nama anak Anda harus diputuskan apakah menggunakan bahasa Hokkian atau Mandarin, tidak bisa kedua-duanya. Saya pribadi termasuk yang berpendapat orang Hokkian lebih baik menggunakan nama Hokkian. Jadi, pilihlah nama Hokkian bukan Mandarin. Hal ini bukan berarti dia tidak boleh dipanggil dengan nama Mandarinnya. Tetapi sehari-hari dia lebih banyak dipanggil dengan nama Hokkiannya. Ini pendapat saya, keputusan ada pada Anda.

Partisipan : King Hian , Gunadi Wijaya

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua |Facebook Group Budaya Tionghoa


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(4 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2029-q-a-kwamiah-nama-anak

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto