A+ A A-

Liu Yichang - Novelis Terkemuka Hong Kong

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Liu Tong-yi atau dengan nama pena  Liu Yichang 劉以鬯 atau Lau Yee Cheung dalam Cantonese , adalah seorang penulis , editor dan penerjemah. Liu dilahirkan di Shanghai pada tahun 1918 dan menempuh studi di Saint John's University - Shanghai.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Liu menelurkan berbagai karya dalam bentuk novel dan cerita pendek , selain itu dia juga melahirkan berbagai esei dan artikel di majalah dan surat kabar.

Liu memulai karir sebagai jurnalis di Chongqing semasa Perang Dunia II. Dia kemudian pindah ke Hong Kong (1948) pada saat Perang Saudara antara Komunis dan Nasionalis masih berlangsung.

Pada usia 67 tahun , Liu mendirikan Hong Kong Literature (Xianggang wenxue) , sebuah majalah bulanan dimana dia menjabat sebagai direktur sampai pensiun (1985-2000).

Salah satu karya terbaiknya adalah novel The Drunkard Jiutu (1963) yang mengisahkan seorang pria yang berprofesi setengah jurnalis dan setengah penulis.

Dalam cerita-cerita lain yang ditulisnya , menggugah Hong Kong sebagai tempat yang gaduh , serba cepat , berisik , impersonal tetapi juga sekaligus menantang dan terbuka , dan koeksistensi dari banyak dunia didalamnya yang gamang terhadap masa lampau dan kekinian , budaya Barat dan budaya Tionghua seperti dalam Bust-Up atau Chaojia (1980).

Peran Liu lainnya adalah memperkenalkan literature dan seni Barat dalam dunia literature Hong Kong yang penting bagi perkembangan kultural di Hong Kong.

Film karya Wong Kar-wai yang dibintangi Maggie Cheung dan Tony Leung, In The Mood For Love diinspirasi oleh  karya Liu , "Intersection atau Duidao (1972). Film ini meraih berbagai penghargaan internasional di beberapa kategori seperti dalam Cannes Festival 2000 , Hongkong Film Awards 2001 , German Film Awards 2001 , etc

Karakter Tony Leung berdasarkan karakter Liu Yichang sendiri yang beremigrasi ke Hong Kong dan kehidupannya di tempat barunya

REFERENSI :
-------------, Why The Wong Wait ? , The Age , 22 Mei 2005
Curien, A, "Encyclopedia of Contemporary Chinese Culture" , Edward Davis , Routledge , 2005


Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2040-liu-yichang-novelis-terkemuka-hong-kong

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto