A+ A A-

Chu Kok Seng (Husain Djojonegoro) & Perjalanan Bisnis Grup ABC

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Chu Kok Seng (Zhu Guosheng) atau Husain Djojonegoro dilahirkan di Semarang pada bulan November 1949. Dia menerima pendidikan dasar dan menengah di Medan dan Jakarta.  Chu mulai berkerja sejak usia lima belas tahun sebagai seorang salesman.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Ayahnya , Chu Sam Yak  dan pamannya , Chu Sok Sam , mendirikan usaha keluarga di Medan pada tahun 1948. Awalnya mereka berdagang berbagai barang seperti anggur tradisional . Dua tahun kemudian keluarga Chu ini menggandeng keluarga Lim untuk mendirikan NV Handel Maatschappij May Lian & Co , yang memproduksi anggur tradisional Cap Orang Tua di Semarang.

Perusahaan ini terus berkembang menjadi cikal bakal Grup Orang Tua dan ABC dimana kepemilikan keluarga Chu sebesar 42%.  Di tahun 1959 , grup usaha ini mendirikan PT Everbright Battery Factory yang memproduksi batere ABC.

Di tahun 1968 , Husain Djojonegoro menjadi direktur dari PT International Chemichal Industrial Co. Ltd., yang juga memproduksi batere ABC.  Produk batere ABC ini menjadi merek populer di Indonesia.

Selain produk batere , Chu juga bergerak dibidang lain dalam produk-produk yang berhubungan dengan makanan seperti sirup , saus , juice yang menggunakan merek yang sama. Pabriknya terletak di Medan , Jakarta dan Surabaya.

Forbes menempatkan Husain Djojonegoro sebagai salah satu dari 40 orang terkaya , yaitu peringkat 37 di Indonesia di tahun 2009 dengan networth 545 juta USD (Forbes , 2010)

REFERENSI :

Suryadinata , Leo., 1995 ,  " Prominent Indonesian Chinese : Biographical Sketches" , p18
Soelaeman , Henny.,2003,"Perjalanan Gurita Bisnis Grup ABC", Majalah Swa
------------------,2010 , "Indonesia's 40 Richest" , Forbes.com

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghua Bersatu

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2058-chu-kok-seng-husain-djojonegoro--perjalanan-bisnis-grup-abc

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto