A+ A A-

Delapan Partai Politik Selain PKT di Tiongkok

  • Written by  TB
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Susunan dewan perwakilan rakyat di Republik Rakyat Tiongkok yang umumnya diketahui adalah Partai Komunis Tiongkok atau Communist Party of China - CPC (中国共产党) . Ini yang banyak diketahui oleh umum .

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Padahal masih ada delapan partai politik . Beberapa dari mereka terbentuk dimasa perlawanan menghadapi Jepang dalam Sino-Japanese War II dan Perang Pembebasan. Mereka mendukung kepemimpinan CPC secara politik dan selama bertahun-tahun lamanya mereka berkerjasama dan berjuang bersama CPC.

Partai-partai ini menikmati kebebasan politik, kemandirian organisasi dan persamaan hukum. Partai-partai ini juga turut berpartisipasi dalam kehidupan politik di Tiongkok baik di kongres rakyat , pemerintahan disetiap level . Mereka juga bisa menyelenggarakan kongres nasional sendiri.

Delapan Partai

Revolutionary Committee of the Kuomintang (中国国民党革命委员会 or 民革) yang berdiri pada bulan Januari 1948. Merupakan anggota Kuomintang yang tidak ikut mengungsi ke Taiwan. Jumlah anggotanya sekitar 65 ribu orang dan dianggap sebagai kekuatan dua setelah CPC. Kelompok ini punya jumlah signifikan , yakni 30% kursi di People's Political Consultative Conference.

China Democratic League (中国民主同盟 or 民盟).  Berdiri pada bulan Oktober 1941 dan berawal dari sebuah liga partai pro-demokrasi . Beranggotakan 156 ribu orang dan berlatarbelakang kaum intelektual baik tingkat menengah maupun senior . Patriotisme Sosialisme.

China Democratic National Construction Association (中国民主建国会 or 民建). Berdiri pada bulan Desember 1945 dan terdiri dari para pengusaha dari berbagai bidang manufaktur, finansial dan industri komersial baik swasta maupun negara . Sosialisme Pasar

China Association for Promoting Democracy (中国民主促进会 or 民进). Berdiri pada bulan Desember 1945 dan terdiri dari para intelektual , terutama dibidang pendidikan , teknologi dan penerbitan . Beranggotakan 81 ribu orang . Demokrasi Sosial

Chinese Peasants' and Workers' Democratic Party (中国农工民主党 or 农工党). Berdiri pada bulan Agustus 1930 dan beranggotakan 80 ribu orang dengan latar belakang dibidang kesehatan publik , pendidikan , budaya , sains dan teknologi.

Zhigongdang Tiongkok atau  China Party for Public Interest (中国致公党). Berdiri pada bulan Oktober 1925 dan beranggotakan sekitar 20 ribu orang yang berlatarbelakang kalangan diaspora yang kembali ke mainland , kerabat mereka dan tokoh-tokoh yang mempunyai ikatan dengan Tionghua diaspora. Ini sisa-sisa dari anggota Tiandihui cabang Hongmen dimana Sun Yat Sen sebagai salah satu tokohnya.

Jiusan Society aka September 3 Society (九三学社). Berdiri pada bulan Desember 1944 dan hampir seluruh dari 80 ribu anggotanya berlatarbelakang kalangan intelektual tingkat tinggi dan menengah dibidang sains , teknologi , pendidikan , budaya dan pengobatan tradisional. Sosialisme.

Taiwan Democratic Self-Government League (台湾民主自治同盟 or 台盟). Berdiri pada bulan November 1947 dan beranggotakan 1800 orang dan banyak dari mereka merupakan tokoh berpengaruh dari Taiwan tetapi tinggal di Mainland. Ini kelompok Taiwan yang pro-unifikasi.

Sumber :

--------------------,"Democratic Parties" , People Daily

Budaya-Tionghoa.Net |
Facebook Group Tionghua Bersatu

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2086-delapan-partai-politik-selain-pkt-di-tiongkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto