A+ A A-

Ti Lung : Salah Satu Legenda Dunia Perfilman Hong Kong

  • Written by  HZW
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net|Ti Lung adalah salah satu legenda dalam industri perfilman Hong Kong. Ti Lung punya nama asli Tam Fuwing , dilahirkan di Guangdong pada tanggal 3 Agustus 1946. Ti Lung menempuh pendidikan di Eton School sebelum berbisnis setelah lulus.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Ti Lung mempelajari seni bela diri Wing Chun dibawah bimbingan master Chu Wan. Dia memasuki dunia film untuk pertama kali dalam Return of the One-Armed Sworman (1968) . Dan mendapatkan peran utama melalui audisi  dalam "Dead End"(1969) dan mendapat kontrak dari Shaw Studio. Namanya berubah menjadi Ti Lung yang berarti Naga Ti atau Naga Di . Nama Ti Lung juga terdengar seperti nama aktor populer Perancis , Delon .  Walaupun punya latar belakang ilmu Wing Chun , Ti Lung sangat fleksible dan bisa menyesuaikan peran dan menggunakan pedang dalam beberapa filmnya.

Setelah tampil dalam berbagai film awal , Ti Lung bermain dengan David Chiang dalam Vengeance (1970). Mereka selanjutnya bermain dalam berbagai film yang sama.  Di tahun 1974 , Ti Lung tampil internasional dengan membintangi film Shatter yang merupakan produksi bersama Hammer Studios dari Inggris dan Shaw Brothers.

Selain tampil dalam film laga , Ti Lung memainkan berbagai peran non-laga seperti peran sebagai kaisar Guangxu dalam The Empress Dowager(1974). Film ini disutradarai oleh Li Hanxiang dan diproduksi Shaw Brothers.  Ti Lung kembali menjadi kaisar Guangxu bersama Lisa Lu yang berperan sebagai Empress Dowager Cixi dalam film The Last Tempest (1976). Film ini masuk entry sebagai Best Foreign Languange Film di Academy Award.   

Jika masih ada yang ingat dengan Chen Kuan Tai ? Ti Lung bersama David Chiang dan Chen Kuan Tai bermain bersama dalam 7 Man Army (1976). Film ini disutradarai oleh Chang Cheh -- kepada siapa Ti Lung akan bermain dalam banyak film bersama seperti Ten Tigers of Kwantung (1979) , Brave Archer (78-83).

Sutradara lain yang berhasil mengangkat Ti Lung lebih jauh adalah Chor Yuen. Bersama sutradara ini Ti Lung bermain dalam berbagai film laga untuk rentang hampir satu dekade berikutnya. Ti Lung meninggalkan Shaw Brothers di

Kesempatan besar bagi Ti Lung adalah perannya dalam A Better Tommorow (1986) yang berkisah tentang kepahlawanan dengan adaptasi dan transformasi dari pedang ke senjata api. Film ini juga bisa dianggap sebagai salah satu film terbaik Ti Lung.

A Better Tommorow disutradarai oleh John Woo dan diperkuat oleh bintang besar lain seperti Leslie Cheung dan Chou Yunfat. Film ini sukses di Asia dan dibuat sekuelnya. Kesuksesan lain adalah dianggap sebagai salah satu film Tionghua terbaik dan dampaknya masih terasa sampai sekarang dengan pembuatan ulang film ini dalam versi Korea , Mujeogja (2010) dan juga versi India , Aatish (1994).

Ti Lung masih aktif dalam berbagai dekade ke depan dengan membintangi berbagai film sampai tahun 2010.

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(3 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2092-ti-lung--salah-satu-legenda-dunia-perfilman-hong-kong

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto