A+ A A-

Ong Hok Djoe ( O.Harjadinata ) : Pahlawan Kemerdekaan Dari Ciamis.

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net| Kota Ciamis memiliki pahlawan Tionghoa yang juga penganut kepercayaan orang Tionghoa pada umumnya, beliau bernama Ong Hok Djoe. Pada saat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agutus 1945, Ong menjadi anggota aktif BKR Ciamis. Pada bulan November 1945 , BKR dilebur menggabungkan diri dengan Pesindo / GPI yang bermarkas di Ciamis.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Pada bulan Juli 1947 waktu tentara Belanda akan memasuki Kota Ciamis semua rakyat mengungsi, kecuali masyarakat Tionghoa atas perintah Ketua KNI , Oto Kusumasubrata , tetap ada dikota dan O. Hardjadinata mendapat tugas untuk mengkoordinir masyarakat Tionghoa .

Waktu TNI hijrah ke Yogyakarta, O. Hardjadinata menggabungkan diri dengan pasukan yang masih ada di kantong‐kantong yaitu pimpinan Lettu Rahmat Slamet. Pada bulan Pebruari 1949 setelah TNI kembali dari Yogyakarta, dia menggabungkan diri kembali dengan KODM Ciamis dan mendapat tugas sebagai informan / penghubung.

Selama dalam masa pendudukan, O. Hardjadinata secara aktif membantu pasukan gerilya TNI sebagai bagian perlengkapan dan perbekalan. Setelah kedaulatan diakui oleh pemerintahan Belanda dan pemerintahan RI serta tentaranya kembali ke kota, O. Hardjadinata kembali sebagai pengusaha, tetapi meskipun demikian tetap banyak memberikan bantuan‐bantuan dan sumbangan sumbangan yang sangat berharga terhadap Pemerintah Daerah maupun kepada TNI.

Pada tanggal 29 Januari 1978 karena jatuh sakit dan sudah usia lanjut meninggal dunia di Ciamis.

GELAR

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Urusan Veteran No. 65/B/Kpts/MUV/1962 tanggal 6 Agustus 1962 dianugerahi gelar sebagai Veteran Pejuang Kemerdekaan RI Gol B dengan nomor Pokok Veteran 17.757/B.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Panglima Angkatan Darat Nomor KEP 1104/10/1966 tanggal 20 Oktober 1966 dianugrahi Setya Lencana Perang Kemerdekaan I dan Perang Kemerdekaan II.

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden / Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata RI Nomor 19/BTK/Tahun 1965 tanggal 17‐8‐1965 dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Gerilya sebagai penghargaan atas jasa‐jasanya dalam perjuangan Gerilya membela kemerdekaan RI.

Dikutip dari : Buku Kenangan Perayaan Cap Go Me 2559 Hok Tek Bio Ciamis

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa |Facebook Group Tionghoa Bersatu


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2106-ong-hok-djoe--oharjadinata---pahlawan-kemerdekaan-dari-ciamis

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto