A+ A A-

Kerjasama Boeing Dengan Perusahaan Penerbangan Tiongkok

  • Written by  Dr Han Hwie-Song
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Negara Amerika berkeluh kesah dan protes perdagangan dengan Tiongkok yang katanya tidak adil, karena setiap tahunnya Tiongkok untung lebih dari seratus miliar USD . Seperti yang saya katakan diartikel-artikel saya bahwa perdagangan antar Tiongkok dengan negara-negara Barat sudah "membundel", susah diloskan kembali. Masing-masing negara tidak bisa melepaskan hubungan dagangnya, ternyata dari kontrak antara Boeing dengan supplier Tiongkok, tidak saja setengah mijar tetapi masih berjalan dua setengah miliar. Ini hanya dengan Boeing belum yang lainnya.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Siapa yang tidak ketarik kalau dibuat di Tiongkok harganya lebih murah, sebagai orang dagang kan mereka mau untung dan juga kwalitasnya baik, sehingga mereka bisa jual pesawatnya juga bisa konkuren dengan negara lain yaitu Eropa degan Airbusnya. Seperti yang terjadi dalam kasus dibawah ini seperti yang diberitakan oleh Xinhua.

Raksasa penerbangan Amerika Serikat , Boeing , pada hari Jumat mengumumkan kesepakatan dengan supplier Tiongkok untuk memproduksi komponen dan suku cadang pesawat komersial , Boeing 747-8 , pesawat penumpang dan muatan interkontinental. 

Kontraknya diperkirakan sebesar 500 juta USD dan termasuk inboard wing flaps dengan Xi'an Aircraft Industry dan kemudi serta spoiler dengan Chengdu Aircraft Industrial , keduanya berafiliasi dengan China Aviation Industry Corporation I (AVIC I)

Juga ditandatangani kontrak untuk bagian komposit yang dibangun oleh Hafei Aviation Industry , sebuah perusahaan yang berafiliasi dengan AVIC II , dan juga panel komposit untuk sirip vertikal yang akan dibangun oleh BHA Aero Composites , sebuah perusahaan joint venture antara Boeing , Hexcel dan AVIC I.

Menurut wakil presiden Boeing Commercial Airplanes , Carolyn Corvi, kontrak-kontrak ini menunjukkan komitmen Boeing untuk berkerjasama dengan Tiongkok , yang punya kapabilitas teknologi dan sumber daya , sebagai partner ideal untuk Boeing 787 dan 747-8, yang memungkinkan biaya operasi terendah dan ekonomis untuk setiap pesawat penumpang dan muatan

Sementara itu wakil ketua dari Xi'an Aircraft Industry , Meng Xiangkai , mengatakan bahwa :"Kami merasa terhormat untuk membantu Boeing membangun 747-8 dan membuka lembaran baru untuk kemitraan jangka panjang antara Boeing dan XAC.

Boeing dan supplier Boeing memegang kontrak dengan nilai total 2.5 miliar USD dengan industri penerbangan Tiongkok.

Kerjasama Boeing dan Tiongkok sudah dimulai di pertengahan tahun 70an. Di tahun 2007 sudah ada 4200 pesawat Boeing yang beroperasi di seluruh dunia dengan komponen utama dibangun dan dirakit oleh supplier dari Tiongkok. Sejak tahun 80an , Boeing belanja dari Tiongkok dengan nilai lebih dari 1 miliar USD. 

Han Hwie Song, 26161

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2135-kerjasama-boeing-dengan-perusahaan-penerbangan-tiongkok

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto