A+ A A-

Venezuela dan Tiongkok Menandatangani Kesepakatan Minyak Sebesar 16 Miliar USD

  • Written by 
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Venezuela mengumumkan kesepakatan sebesar 16 miliar USD yang memungkinkan Tiongkok untuk mengeksplorasi minyak di kawasan timur Orinoco Basin.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Hugo Chavez, presiden Venezuela tidak menyebutkan perusahaan Tiongkok mana yang terlibat dalam kesepakatan tersebut, tetapi berkata bahwa mereka akan membentuk joint venture dengan BUMN Petroleos de Venezuela (PDVSA) untuk memproduksi 450 ribu barel sehari.

Kesepakatan itu ditandatangani di Beijing untuk Orinoco basin. Investasi Tiongkok sebesar 16 miliar USD untuk tiga tahun kedepan. Sebagai tambahan , teknologi Tiongkok akan mengalir ke Venezuela , termasuk teknologi transportasi kereta api dan perumahan.

Venezuela juga mencapai kesepakatan serupa dengan konsorsium Russia selama kunjungan Chavez ke Moskow.Lima perusahaan Russia berinvestasi sebesar 20 miliar USD selama tiga tahun dan memberikan hak bagi mereka untuk mengeksplorasi minyak di Junin, yang diperkirakan punya cadangan minyak sebesar 53 miliar barrel.

Total investasi Sino-Russo terhadap Venezuela sebesar 36 miliar USD selama tiga tahun kedepan. Venezuela punya cadangan minyak sebesar 142.3 miliar barrel , tetapi sejumlah pakar memperikirakan bahwa Orinoco Basin punya cadangan minyak sebesar 235 miliar barrel. Venezuela adalah negara produsen minyak terbesar ke 11 dunia. Sumber : (aljazeera.com , 17 September 2009)

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghoa

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2137-venezuela-dan-tiongkok-menandatangani-kesepakatan-minyak-sebesar-16-miliar-usd

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto