A+ A A-

Aliran Legalisme - Fajia 法 家

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Aliran Fa atau Legalisme adalah aliran yang menitik-beratkan pada sistem pemerintahan. Tokoh2 aliran Fa banyak yang mengabdikan diri pada kerajaan Qin. Misalnya Shang Yang , kemudian Han Feizi dan Li Si yang mengabdi pada Ying Zheng (pendiri Dinasti Qin – lihat pembahasan pada bagian berikutnya mengenai Dinasti Qin).

Artikel Terkait:

{module [201]}

Dalam kitab Han Feizi diterangkan secara jelas bahwa kaum moralis (yang diwakili oleh kaum Konfusianis) tidak bisa cocok dengan kaum legalis. Pemikiran ini dituliskannya dalam kisah tombak sakti yang bisa menembusi segalanya dan perisai sakti yang tidak dapat ditembusi oleh apapun.

Fajia dipopulerkan oleh Xun Zi (Xun Qing) dan banyak penganut Konfusianisme yang beralih ke Aliran Fajia karena mungkin beranggapan Aliran Fajia lebih realistis utk mengatur negara. Zi Xia dan Wu Zi (Wu Qi) adalah dua contoh penganut Konfusianisme yang kemudian berpindah menganut aliran Fajia.

Aliran Fajia membahas tiga  faktor pokok dalam seni memerintah.
(i) Fa atau hukum (pemberian penghargaan dan hukuman)
(ii) Su atau seni/ teknik mengawasi
(iii) Se atau wewenang/ kekuasaan

Prinsip ini tetap digunakan oleh Liu Bang, pendiri Dinasti Han, yakni dinasti yang memerintah setelah Dinasti Qin. Kita dapat melihat bahwa sistim manajemen modernpun menerapkan sistim ini. Jauh sebelum bangsa Barat menciptakan sistim manajemen yang terpadu, Bangsa Tionghoa telah menerapkannya. Fa atau hukum apabila diterapkan pada perusahaan, dapat pula berupa aturan perusahaan, kesepakatan kerja bersama, dan lain sebagainya.

Seni pengawasan atau Su pada perusahaan modern adalah berupa sistim supervisi yang rapi. Pemantauan kualitas (Quality Control) adalah termasuk di dalamnya. Kekuasaan atau wewenang (Se) pada manajemen perusahaan modern berupa sistim atau hirarki manajerial dalam perusahaan. Struktur organisasi perusahaan adalah wujud dari pengaturan kekuasaan atau wewenang ini.


Kerajaan Qin memang bisa dikatakan penganut paham legalisme dalam mengatur negara. Perdana mentri Li Si yang membantu Qin Shihuang (Ying Zheng) juga penganut Fa Jia. Han Feizi, rekan Li Si adalah juga penganut Fajia , hanya saja kecemburuan Li Si akan karir
Han Feizi membuat Han Feizi difitnah dan mati.

***

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Photo Credit:

  1. Fanghong , "Patung Shangyang "
Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/214-aliran-legalisme-fajia-%E6%B3%95-%E5%AE%B6

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto