A+ A A-

Lao Zi, Masa Muda Beliau , Suatu Essay [1]

  • Written by  Dr Han Hwie-Song
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Banyak kita menulis tentang Kong Fu Zi, teori-teorinya, tetapi jarang yang menulis tentang penghidupannya, apalagi kelemahannya. Tentang penghidupan Kong Fu Zi telah saya tulis panjang, meskipun masih kurang jauh dari semestinya. Saya akan mencoba menulis tentang penghidupan filosof Lao Zi yang juga mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kebudayaan Tionghoa.
Mungkin sama besarnya kalau dibanding dengan Guru Besar Kong Fu Zi. Apalagi kalau kita ingat bahwa Chan (Zen) buddhisme sedikitnya mengandung lebih dari 30% dari karya-karya Lao Zi, Zhuang Zi, Lie Zi tiga taois yang terbesar. Tulisan ini terutama saya ambil dari The Story of Lao Zi ditulis oleh Chen Jian, dan karangan professor Fung Yu-Lan, guru besar filosofi di Tiongkok dan Amerika Serikat.

Artikel Terkait:

{module [201]}

Lao Zi, satu filosof Tiongkok yang besar dan pendiri dari pelajaran Taoisme (Daoisme) hidup pada masa Chun Jiu (770-476 BC). Buku Beliau yang hanya terdiri dari 5000 karakter tulisan mandarin terkenal didunia dengan nama Dao De Jing. Buku ini mempunyai impak yang besar pada filisof-filosof dari generasi kemudian seperti Zhuang Zi, Lie Zi, Wang Pi, Kuo Siang, bahkan ada yang mengatakan mempengaruhi Han Fei (legalisme), Xun Zi (neo-Confucianis) etc. etc.

Pada periode Six Dynasties, kira-kira abad ke tiga sampai abad ke enam,
pengaruh Taoism bahkan lebih besar dari pada Confucianisme, ini karena pada masa itu, klasik Taois mempunyai komentator-komentator yang hebat seperti Wang Pi dan Kuo Siang. Komentar Wang Pi tentang Lao Zi dan komentar Kuo Siang pada tulisan-tulisan Zhuang Zi, bahkan komentar-komentar mereka ini dianggap dengan sendirinya klasik. Tulisan-tulisan dari Lao Zi, Zhuang Zi dan Lie Zi biasanya disebut sebagai "Earlier Classic of Taoism".

Buku Dao De Jing meskipun tidak panjang namun buku tersebut membicarakan
banyak persoalan-persoalan kehidupan dan masyarakat pada jamannya. Kalau kita baca banyak tulisannya yang berupa puisi susah dimengerti, dan bisa menimbulkan banyak interpretasi yang berlainan. Dalam hal ini penjelasan dari Zhuang Zi, Wang Pi, Kuo Siang banyak menolong generasi kemudian untuk dapat mengerti apa yang dimaksud oleh Lao Zi.

Juga Yang Zi yang terkenal sebagai hedonisme mengatakan bahwa beliau adalah
Taois. Tulisan Zhuang Zi sekarang dianggap sebagai pikiran Taoisme yang terpenting. Zhuang Zi tidak saja sebagai filosof yang besar, tetapi juga poet, ahli bahasa yang hebat dan debater yang unggul. Kegeniusannya ialah filosofi, literatur dan orator.

Taois bukannya teori yang lemah, atau mengalah, tetapi dalam "kelemahan"
Taois ada kekuatan untuk menahan yang kuat bahkan dapat memukul dan menghancurkan kekuatan. Dalam sejarah Tiongkok ada satu diantara begitu banyaknya perdana menteri yang menurut saya paling ternama, kepandaiannya tidak saja dalam politik, tata negara, strategi dan taktikus peperangan maupun teknologi ialah: Zhuge Liang, atau Kong Ming (Khong Bing dalam bahasa Hokkian), orang juga namakan Zhuge Kong Ming dan dengan sebutan the Hidden Dragon. Beliau kalau maju berperang memakai topi Taois dengan kipas putih dan terkenal pandai dalam permainan Go dan main musik Qing. Perdana Menteri
Zhou En-Lai oleh masyarakat Tionghoa dinamakan sebagai Zhuge Liang pada abad keduapuluh, karena kebijakan dan kepandaian beliau dalam diplomatik.

Dr Han Hwie-Song , 26237

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2159-lao-zi-masa-muda-beliau--suatu-essay-1

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto