A+ A A-

Masalah Meridian Tubuh

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Disini saya membicarakan masalah meridian tubuh yang berkaitan dengan tusuk jarum. HuangDi NeiJing merupakan salah satu kitab yang membahas masalah meridian tubuh selain itu adalah kitab Huangdi Jiayi Jing (dikarang oleh Huang FuMi ). Selain itu Sun Semao sudah mengenalkan A shi Xue yang merupakan prinsip sakit dimana tusuk dimana.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Diagram-diagram yang melukiskan meridian tubuh antara lain adalah :Shen Nong Ming Tang Tu, ShenNong HuangDi Zhen Cuan ZhenJiu Tu, HuangDi ZhenJing dan masih banyak lainnya.

Pada masa dinasti Song , kaisar Song Ren Zhong memerintahkan pejabat dinas kesehatan negara yaitu Wang Wei Yi membuat dua patung perunggu yang menggambarkan meridian tubuh dan titik jalan darahnya dan mengukir di batu gambar meridian berikut keterangannya.

[Foto Ilustrasi : Creative Common ,KVDP ,. "A schematic of the "chinese" or human body meridians. The chinese meridians are used in various oriental fight styles, aswell as in healthcare; eg in tradititional herbal medicine, massage techniques"]

Dan masih banyak tokoh-tokoh lainnya seperti Ma Danyang , Wang Suquan ,Hua Boren dan lain-lain.

Berbicara meridian rata-rata mengacu kepada 14 meridian , yang mana sebenarnya 12 Jing dan 2 Mai. Sesungguhnya meridian tubuh tidak hanya itu saja. Selain Jing dan Mai masih ada Luo.

Kita mulai dengan pembagian tubuh, tubuh manusia sendiri terdiri dari dua bagian yaitu yin dan yang. Posisi Yin dalam pembahasan ini adalah bagian tubuh yang berwarna putih atau lebih terang. Misalnya telapak tangan.

Posisi Yang adalah bagian tubuh yang lebih gelap , misalnya punggung tangan.

12 Jing terdiri dari 3 Yin dan 3 Yang. Yang dimaksud 3 Yin adalah Tai Yin , Shao Yin dan Jue Yin. 3 Yang adalah Yang Ming , Tai Yang dan Shao Yang. Shou San Yin mencakup Shou TaiYin Fei Jing , Shou Shao Yin Xin Jing


TANYA JAWAB

Tanya : Xuan Tong Heng , bicara soal Meridian, saya pernah dengar dari suhu bahwa belajar Taijiquan behubungan erat dengan Dan Tian, jelasnya setiap latihan harus pakai pernapasan Dan Tian. kalau tidak maka Taiji quan tidak ada bedanya dengan olah raga jasmani biasa, misalnya gerak badan, senam pagi, jogging, main bulu tangkis dan lain lain.saya tidak mengerti soal ini, tolong Xuan Tong Heng berikan pengarahan dirubrik ini

Jawab : Yang dimaksud adalah konsep Qi chen Dantian atau qi turun ke Dantian. Konsep ini adalah konsep praktisi Taiji dan yang dimaksud DanTian dalam pelatihan TaiJi adalah DanTian bawah. Selain fokus kepada Dan Tian yang menjadi "central tubuh" juga fokus kepada gerakan serta merasakan aliran qi yang bergerak. Taiji secara umum memiliki teknik menghilangkan keseimbangan lawan. Tapi selain itu juga memiliki faktor pelatihan tenaga dalam. Dengan bernafas yang benar, cara berdiri yang benar, gerakan yang tepat, serta pikiran yang fokus bisa membuat praktisi mendapatkan ketenangan, tubuh sehat serta qi yang baik.

Tanya : Lalu yang dibilang Dan-tian itu apa? jalan pembuluh darah? dan bagaimana hanya dengan menempelkan lidah ke langit2 mulut sudah bisa menyalurkan Qi kita ke arah2 yg kita mau ? Kemudian untuk kesehatan pernah saya liat di gambar tempat untuk menurunkan blood pressure adanya dibagian samping telunjuk tangan yang mengarah ke jempol, kalau kita gosok2 dengan pencil atau barang apapun akan menurunkan tekanan darah kita. Juga adanya meridian2 yg ber pusat di kuping, untuk organ-organ badan kita,titik meridian ini di gunakan oleh accupuncture mengobati

Jawab : Dan Tian atau ladang pil adalah titik jalan darah yang lebih mengarah kepada pelatihan diri. Ada 3 DanTian, yaitu DanTian atas, DanTian tengah, DanTian bawah. Umumnya yang disebut-sebut adalah DanTian bawah. Menempelkan lidah ke langit-langit mulut fungsinya adalah menyatukan meridan Ren dan Du, bukan bisa menyalurkan qi. Titik yang anda maksud itu, seingat saya adalah titik ShaoShang.

XUAN TONG , 22041

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing - List Budaya Tionghua

 


Last modified onWednesday, 25 July 2012 10:33
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/224-masalah-meridian-tubuh

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto