A+ A A-

Kuda Putih Bukanlah Kuda

  • Written by  (Diterjemahkan Oleh ) Tony Mustika
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

   KUDA PUTIH BUKAN KUDA


    1. 「白馬非馬」,可乎?

    [A] Mungkinkah seekor kuda putih bukan kuda?



    2. 曰:可。

    [B] Mungkin



    3. 曰:何哉?

    [A] Bagaimana mungkin demikian?

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 4. 曰:馬者,所以命形也;白者,所以命色也。命色者非命形也。故曰:「白馬非馬」。

    [B] "Kuda" adalah bagaimana bentuknya dinamai; "putih" adalah bagaimana warnanya dinamai. Hal yang menamai warna tidak menamai bentuk. Jadi menurut saya: "kuda putih bukan kuda".



    5. 曰:有白馬,不可謂無馬也。不可謂無馬者,非馬也?有白馬為有馬,白之,非馬何也?

    [A] Memiliki seekor kuda putih tak dapat dikatakan tidak memiliki kuda. Bukankah hal itu tidak mungkin dikatakan tidak memiliki kuda? Memiliki seekor kuda putih adalah memiliki kuda, bagaimana mungkin kuda yang putih bukan kuda?



    6. 曰:求馬,黃、黑馬皆可致;求白馬,黃、黑馬不可致。使白馬乃馬也,是所求一也。所求一者,白馬1不異馬也;所求不異,如黃、黑馬有可有不可,何也?可與不可,其相非明。故黃、黑馬一也,而可以應有馬,而不可以應有白馬。是白馬之非馬,審矣!

    [B] Apabila seseorang memesan seekor kuda, mungkin saja ia menerima kuda cokelat atau kuda hitam, namun apabila ia memesan seekor kuda putih, maka tidak mungkin ia menerima kuda cokelat atau kuda hitam. Dengan menjadikan seekor kuda putih sama dengan kuda, maka seharusnya tidak ada perbedaan soal apa yang dipesan [pada kedua contoh kejadian di atas]. Seandainya yang dipesan adalah sama, maka kuda putih tidak berbeda dengan kuda; seandainya yang dipesan tidak berbeda, lantas bagaimana mungkin dalam satu kejadian kuda cokelat dan hitam dapat diterima, namun pada kejadian lainnya keduanya tidak dapat diterima? Dapat diterima dan tidak dapat diterima sudah jelas saling bertentangan. Dengan demikian kuda coklat dan hitam juga sesuatu yang termasuk dalam sesuatu yang dapat dijawab bahwa ada kuda, namun seseorang tidak dapat menjawab bahwa ada seekor kuda putih. Sudah jelas tentunya kuda putih bukanlah kuda!



    7. 曰:以馬之有色為非馬,天下非有無色之馬也。天下無馬可乎?

    [A] Bila seekor kuda dengan warna bukanlah kuda, kemudian karena tidak terdapat kuda tidak berwarna di dunia ini, lantas mungkinkah dengan demikian tidak ada kuda di dunia?



    8. 曰:馬固有色,故有白馬。使馬無色,有馬如已耳,安取白馬?故白者非馬也。白馬者,馬與白也;馬與白馬也,故曰:白馬非馬也。

    [B] Seekor kuda tentu memiliki warna, dengan demikian terdapat kuda putih. Seandainya seseorang menjadikan kuda tidak memiliki warna, maka hanya terdapat “kuda” – lantas bagaimana mungkin seseorang menemukan seekor kuda putih? Dengan demikian hal yang putih bukanlah seekor kuda. Seekor kuda putih adalah “kuda” dan “putih,” “kuda” dan “kuda putih.” Jadi menurut saya: "kuda putih bukanlah kuda".



    9. 曰:馬未與白為馬,白未與馬為白。合馬與白,復名白馬。是相與以不相與為名,未可。故曰:白馬非馬未可。

    [A] Seekor kuda masih belum dengan warna putih adalah kuda, dan warna putih yang belum dengan kuda adalah putih. Menggabungkan kuda dengan warna putih, secara bersamaan, ini yang dinamai sebagai "kuda putih". Bahwa menggunakan nama yang tidak digabungkan untuk hal yang sudah digabungkan adalah tidak dapat diterima. Jadi menurut saya: pendapat "kuda putih bukanlah kuda" tidak dapat diterima.


    10. 曰:以「有白馬為有馬」,謂有白馬為有黃馬,可乎?

    [B] Dengan mengganggap mereka sebagai kuda putih sama dengan sebagai kuda, dengan demikian menyebut mereka sebagai kuda putih sama dengan sebagai kuda cokelat - apakah hal ini dapat diterima?



    11. 曰:未可。

    [A] Tidak.


    12. 曰:以有馬為異有黃馬,是異黃馬於馬也;異黃馬於馬,是以黃馬為非馬。以黃馬為非馬,而以白馬為有馬,此飛者入池而棺槨異處,此天下之悖言亂辭也。

    [B] Dengan menganggap mereka sebagai kuda berbeda dengan sebagai kuda cokelat, sama dengan menganggap kuda cokelat berbeda dengan kuda. Dengan menganggap kuda cokelat berbeda dengan kuda, adalah sama dengan menganggap bahwa kuda cokelat bukanlah kuda. Dengan menganggap kuda cokelat sebagai sebagai bukan kuda, sedangkan menganggap kuda putih sebagai kuda, sama saja dengan melayang di atas kolam dan sisi dalam dan luar sebuah peti meti dengan tempat yang berbeda: suatu klaim kontradiktif dan pernyataan sesat yang ada di kolong langit!


    13. 曰:有白馬,不可謂無馬者,離白之謂也。不1離者有白馬不可謂有馬也。故所以為有馬者,獨以馬為有馬耳,非有白馬為有馬。故其為有馬也,不可以謂馬馬也。

    [A] “Memiliki kuda putih” tidak dapat dikatakan sebagai “tidak memiliki kuda,” inilah yang dimaksud dengan pemisahan warna putih. Dengan tidak memisahkannya, “memiliki kuda putih” tidak dapat dikatakan sebagai “memiliki kuda.” Demikianlah alasannya mengapa menganggap“memiliki kuda,” semata bahwa "kuda" itu dianggap sebagai "memiliki kuda", dan "memiliki kuda putih" bukanlah "memiliki kuda". Dengan demikian dikarenakan Anda menganggapnya sebagai memiliki kuda, maka tidak seseorang pun bisa menyebut kuda sebagai “kuda.



    14. 曰:白者不定所白,忘之而可也。白馬者,言白定所白也。定所白者,非白也。馬者,無去取于色,故黃、黑皆所以應。白馬者,有去取于色,黃、黑馬皆所以色去,故唯白馬獨可以應耳。無去者非有去也;故曰:「白馬非馬」。

    [B] Warna putih tidak membatasi sesuatu yang berwarna putih, hal ini dapat dikesampingkan. "Kuda Putih" berbicara soal warna putih yang membatasi sesuatu berwarna putih. Sesuatu yang dibatasi sebagai putih adalah bukanlah warna putih. "Kuda" tidak menyertakan atau mengecualikan warna, sehingga kuda cokelat atau hitam dapat disertakan. "Kuda Putih" menyertakan atau mengecualikan warna, sehingga kuda cokelat dan hitam dikecualikan menurut warna, sedangkan hanya seekor kuda putih dapat disertakan. Hal yang tidak mengecualikan bukankah sesuatu yang tidak mengecualikan. Jadi menurut saya: "kuda putih bukanlah kuda"
  
    Gongsun Long (325-250 SM) adalah tokoh aliran pemikiran logika (名家; Ming jia) dari filsafat Tiongkok kuno. Ia menjalankan sebuah sekolah dan mendapatkan dukungan dari penguasa, dan mendukung cara damai menyelesaikan perselisihan yang kontras dengan perang, yang biasa terjadi pada periode hidupnya (yang disebut Masa Negara-negara Berperang, 475-221 SM). Namun, sedikit yang diketahui tentang data perincian hidupnya, dan banyak tulisannya telah hilang. Seluruh esainya berjumlah empat belas pada awalnya, namun hanya enam yang masih tersisa, termaktub dalam buku "Gongsun Longzi" (公 孙龙子).


Diterjemahkan oleh Tony Mustika , 10151059107642436
Sumber terjemahan artikel di atas: http://ctext.org/school-of-names

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa
    

Last modified onThursday, 13 September 2012 06:12
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2253-kuda-putih-bukanlah-kuda

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto