A+ A A-

Perbedaan Signifikan antara Dewa Bumi dengan Fude Zhengshen 福德正神 ?

  • Written by  Ardian Cangianto
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

[Photo Ilustrasi : Dong Bi Miao , Semarang]

Budaya-Tionghoa.Net |Ada pertanyaan mengenai apa perbedaan signifikan antara Dewa Bumi dengan Fude Zhengshen 福德正神 . Sebenarnya Fude Zhengshen 福德正神 sendiri bisa disebut Dewa Bumi . Tapi sebenarnya yang disebut Dewa Bumi itu sudah tua sekali dan jauh sebelum legenda Zhang Fude 張福德 lahir dan dibuat satu konsep yang ditempelkan pada tanah.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

Secara prinsip sebutan untuk Tudi Shen 土地神 itu banyak, seperti  She shen 社神, Hou tu 后土 , Fu shen 福神 , yang bisa menjadi satu yaitu Dewa Bumi. Awalnya Tudi dianggap bersifat yin 陰 oleh sebab itu disebut Hou tu 后土 sebagai padanan terhadap Tianhuang 天皇 atau ada juga yang menyebut Tianfu dimu 天父地母. Tetapi karena Tiongkok pada dasarnya adalah  masyarakat agraris, maka bumi atau tanah itu menjadi satu bagian dari budaya mereka. Karenanya penghormatan pada bumi itu wajar karena terkait juga dengan panen.

Ketika masa Dinasti Han , banyak tokoh-tokoh bersejarah yang diangkat menjadi She shen 社神 atau Tudi shen 土地神 , kemudian sistem pemerintahan kerajaan diadopsi ke dalam sistem kedewaan Tiongkok, sehingga dewa tanah yang dahulu merupakan satu kesatuan yang luas tapi bersifat lokalitas itu memerlukan satu figur yg dianggap sebagai pemimpin para Dewa Bumi ini atau Tudi Gong 土地公 atau Tudi Shen 土地神.

Konsep bahwa Tudi 土地 melahirkan rejeki disebut Fushen 福神, ini yg menjadi satu dasar Fude Zhengshen 福德正神 menjadi "pemimpin" para Tudi, dan utk itu perlu satu tokoh yg ditempel yaitu Zhang Fude 張福德, dimana kalau kita kaji kata Fude Zhengshen itu adalah rejeki dan kebajikan yang terkait dengan tanah. Untuk itu kadang ada yang membedakan Fude Zhengshen sebagai dewa yang tinggi pangkatnya ( dalam hirarki ) dan Tudi Gong sebagai dewa yang rendah pangkatnya ( dalam hiraki ), dengan tongkatnya. Biasanya Fude Zhengshen memegang tongkat naga (lambang kekuasaan) dan Tudi Gong memengang tongkat kayu biasa.

 

Last modified onThursday, 13 September 2012 05:59
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2295-perbedaan-signifikan-antara-dewa-bumi-dengan-fude-zhengshen-%E7%A6%8F%E5%BE%B7%E6%AD%A3%E7%A5%9E-?

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto