A+ A A-

Para Hegemon Di Masa Chunqiu

  • Written by  Zhou Fuyuan
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

[Photo Ilustrasi : Gisling , Kuil Goujian Di Shaoxing ]

Budaya-Tionghoa.Net | Julukan Wu Ba 五霸 ( Lima hegemon)di zaman Chunqiu 春秋 ( Periode Musim Semi Musim Gugur ) memang banyak versinya, jika dilihat kekuatannya, raja Song sejatinya tdk layak disandingkan dengan raja-raja yang lain, dia terutama diagungkan oleh tokoh-tokoh Ru, karena dipuji dari segi kebajikannya, dianggap menjadi pimpinan moral.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}


Sebenarnya, yang disebut Lima hegemon ini umumnya tidak hadir pada saat bersamaan, melainkan silih bergantian memimpin pada zamannya masing-masing. Melejitnya penguasa baru selalu disertai pudarnya pamor penguasa sebelumnya. Perkecualian adalah Raja Qin, meski tidak pernah menjadi penguasa di Bumi tengah (Zhong Yuan), kekuasaannya di wilayah barat tidak pernah terpuruk.

Dari berbagai macam versi, yang selalu menjadi pilihan para sejarahwan ada dua nama: raja Qi 齐桓公 dan raja Jin 晋文公 . Dua penguasa yang sejatinya memang berasal dari pusat politik dan budaya zaman Chunqiu : Bumi Tengah ! Selanjutnya, yang banyak dipilih adalah raja Chu 楚庄王 dan raja Qin 秦穆公 . Dua-duanya mewakili kekuatan politik dari wilayah pinggiran :  Selatan dan  Barat. Perbedaannya raja Chu sempat masuk ke bumi tengah, raja Qin tetap bertahan sebagai kekuatan barat. Keempat nama diatas inilah yang pantas masuk sebagai tokoh hegemon. Untuk hal ini rasanya tidak  banyak pertentangan. Masalahnya baru muncul ketika harus memilih tokoh ke 5!

Jika dilihat dari puncak prestasinya, Raja Chu 吴王阖闾 dan raja Yue 越王勾践 memang pantas masuk, hanya saja ke dua tokoh ini hadir belakangan, sudah di penghujung Chunqiu. Padahal julukan Wu Ba sudah ada jauh sebelum mereka berjaya. para sejarahwan zaman modern pun melirik ke satu nama: Zheng Zhuanggong 郑庄公, penguasa negeri Zheng ini mendahului Raja Qi menjadi hegemon di bumi tengah.

Jika sejarahwan zaman dulu banyak yang mengecilkan tokoh ini, hanya karena menganggap tokoh ini berani terang-terangan menantang kehormatan tahta Kaisar Zhou 周,  ini jelas pantangan bagi para Confucianis! Perlu diingat, pada zaman Qunqiu, keberadaan Kaisar Zhou masih dihormati, semua raja-raja kecil saat mengangkat diri sbg pemimpinpun selalu meminjam nama Kaisar, meski berambisi mereka tetap berusaha membungkus diri dengan gincu-gincu moral. Ini jelas berbeda dengan saat sejarah memasuki periode 7 negeri berperang.

Jika  berdasarkan waktu jayanya , kita dapat mengurut nama2 para hegemon di zaman Chunqiu 春秋 sebagai berikut :
Zheng Zhuang Gong 郑庄公 ( 757 -701 SM)
Qi Heng Gong 齐桓公 ( 685 - 643 SM )
Jin Wen Gong 晋文公 ( 636 - 628 SM )
Qin Mu Gong 秦穆公 ( 659 - 621 SM )
Chu Zhuang Wang 楚庄王 ( 613 - 591 SM )
Raja Wu He Lu  吴王阖闾 ( 514 - 496 SM )
Raja Yue Gou Jian  越王勾践 ( 496 - 465 SM )

Salam sejarah
Zhou Fuyuan , 62748

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onSunday, 03 February 2013 08:32
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2317-para-hegemon-di-masa-chunqiu

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto