A+ A A-

Sanqing Daozu (三清道祖) , Yuanshi Tianzun (玉清元始天尊)

  • Written by  Zheng Xuanyuan
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Sebagai salah satu dari trinitas Sanqing (三清), Yuanshi Tianzun merupakan salah satu penguasa tertinggi dalam Taoisme. Beliau terlahir secara spontan dan alamiah (Ziran; 自然) dari Energi Vital/Qi dalam Kekosongan Besar Permulaan (Taiwu zhi Xian; 太無之先). Secara inisial beliau dinamakan Yuanshi Tianwang.

Dalam naskah Zhen Zhong Shu (枕中書), karya Ge Hong yang hidup pada masa dinasti Jin Timur mengatakan: “Ketika kekacauan besar sebelum Yin dan Yang terbagi, tiada rupa tinggal. Tanpa Langit dan Bumi, Matahari dan Bulan, seluruhnya nampak seperti telur yang berwarna Kuning-Gelap dan terselubung. Akan tetapi, Manusia Sejati Pan’gu, sebagai inti dari alam semesta, menjuluki dirinya sendiri sebagai Yuanshi Tianwang berada bebas didalamnya.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 

 Setelah menciptakan Langit dan Bumi dengan cara memisahkan mereka, Yuanshi Tianwang membuang tubuhnya dan berkelana ke seantero Langit dengan Rohnya yang cemerlang. Ketika ia melihat Shengnü Taiyuan dan jatuh cinta pada kesuciannya, ia merubah dirinya menjadi seberkas cahaya biru dan masuk melalui mulut sang gadis suci. Dikandung oleh sang gadis suci selama dua belas tahun, beliau kemudian dilahirkan melalui punggungnya. Ketika ia diam maupun bergerak, berbicara maupun diam, ia selalu dikelilingi oleh awan berwarna-warni.

Oleh karena dahulu ia adalah Pangu dan Yuanshi Tianwang, maka beliau kini dinamakan Yuanshi Tianzun. Dalam naskah Taois Lishi Zhenxian Tidao Tongji (歷世眞仙軆道通集), menjelaskan nama beliau sebagai berikut: “Yuan (元) berarti asal; Shi (始) berarti permulaan. Energi Vital/Qi Asal, mengejawantah menjadi seseorang yang menciptakan dunia, menjadi Pan’gu; mengejawantah menjadi Leluhur yang memerintah Surga, Ia menjadi Yuanshi Tianzun.

Bersemayam Dalam Surga Tertinggi

Naskah Zhenling Weiye Tu (眞靈位業圖) karya Tao Hongjing, seorang Taois terkenal yang hidup pada masa dinasti Qi dan Liang, mengatakan bahwa para Dewa berdiam di tempat yang bernama Istana Giok Murni San Yuan (Yuqing Sanyuan Gong; 玉清三元宮). Yuanshi Tianzun terletak di posisi tengah dari tingkatan atas pertama, Alam Surga Giok Murni (Yuqing Jing; 玉清境). Lebih tinggi daripada tiga puluh lima Langit Surga yang lain, Yuanshi Tianzun menduduki posisi tertinggi di Alam Surga. Di Alam Surga Giok Murni, terdapat banyak paviliun dari awan ungu dan istana dari awan hijau. Para Abadi secara khidmat datang ke Alam Surga Giok Murni untuk memberi penghormatan kepada Yuanshi Tianzun.

Menyelamatkan Dengan Tao yang Rahasia

Kitab sejarah dinasti Sui menyatakan bahwa Yuanshi Tianzun adalah kekal. Setiap kali Langit dan Bumi terbentuk, beliau memulai kalpa baru dan menyelamatkan umat dengan mengajarkan mereka ajaran Tao yang rahasia. “Semua yang diseberangkan oleh beliau adalah Dewa dari tingkat tertinggi, seperti Taishang Laojun (太上老君), Taishang Zhangren (太上丈人), Tianzhen Huangren (天眞皇人), dan Dewa Raja dari lima arah (Wufang Tiandi; 五方天帝), demikian juga dengan Pejabat Kedewaan (Xian’guan; 仙官).”

Pemujaan Yuanshi Tianzun

Sebagian besar kuil/tempat peribadatan Taois, mempunyai Aula Sanqing, dimana pada posisi tengah ditempati oleh ukiran/pahatan rupa dari Yuanshi Tianzun sedang memegang pusaka Mutiara Hunyuan (Hunyuan Zhu; 混元珠) ditangannya. Sewaktu ritual peribadatan Taois dalam skala besar diadakan, bilah papan nama atau pahatan rupa dari Sanqing turut pula dipuja, dengan Yuanshi Tianzun di posisi tengah. Tanggal 1 bulan 1 Imlek merupakan hari kelahiran suci dari Yuanshi Tianzun, akan tetapi ada juga sebagian umat yang merayakannya pada waktu Titik Balik musim dingin (Dongzhi/Tangcheh; 冬至).

 

 

Lingbao Tianzun

(上清靈寳天尊)

 Lingbao Tianzun salah satu dari trinitas Sanqing (三清), merupakan salah satu penguasa tertinggi dalam Taoisme. Gelar kebesarannya adalah Sangqing Gaosheng Taishang Yuhuang Dadaojun (上清高聖太上玉皇大道君). Dalam Zhenling Weiye Tu (眞靈位業圖) disebutkan bahwa, beliau menempati posisi kedua ditingkat pertama, kedua setelah Yuanshi Tianzun, yang menempati posisi tengah di tingkat pertama.

Ia dijuluki Taishang Dadaojun (太上大道君) selama masa dinasti Tang, sampai pada masa dinasti Song ketika ia dijuluki Lingbao Tianzun (靈寳天尊) atau Lingbao Jun (靈寳君). Menurut naskah suci Dongzhen Dadong Jing (洞眞大洞經) yang tertulis dalam Yunji Qiqian (雲笈七籤) mengatakan, “Inti dari Energi Vital/Qi dari Fajar Giok dan Awan Ungu dalam waktu dan keadaan yang sangat menguntungkan, amat cerah bagaikan giok dan mulia bagaikan emas, menyatu dengan Sukma Asal dan bersemayam dalam rahim seorang Ibu, dan kemudian mengejawantah menjadi seorang manusia.” Ia merupakan Lingbao Tianzun.

Menurut naskah suci Lingbao Lueji (靈寳略記), Taishang Daodaojun bersemayam dalam rahim Hongshi dari negeri Nunayu di Barat, dan bermeditasi dalam Bilik Rahim Giok selama 3700 tahun. Kemudian ia dilahirkan disebelah bukit Danxuan di Gunung Fuluo, beliau dinamakan Qidu alias Shangkaiyuan. Ketika dewasa, ia menjadi sadar akan Tao, dan berikrar untuk mencapai pencerahan, ia kemudian duduk dibawah pohon Mulberry mati dan bermeditasi setelah 100 hari, Yuanshi Tianzun turun menampakkan diri dan mengajarkan pada beliau sepuluh naskah suci suci Dharma Kendaraan Agung Lingbao.”

Membawahi dan Mengatur Para Abadi Tingkat Tinggi

Shangqing Gaosheng Taishang Yuhuang Dadaojun merupakan wakil dari Yuanshi Tianzun. Semenjak menerima naskah dan dharma suci, beliau tinggal di Alam Surga Kemurnian Unggul (Shangqing jing; 上清境), posisi tertinggi kedua diantara 36 tingkatan surga. Sebagai penguasa istana Gerbang Surya Ruizhu (Ruizhu Rique; 蕊珠日闕), beliau membawahi Bilik Ungu Qiying (Qiying Zifang; 七映紫房) yang dijaga oleh Jaka Emas dan Gadis Giok (Jintong Yunv; 金童玉女), masing-masing berjumlah 300,000. kepadaNya, berlaksa roh memberikan penghormatan, Lima Penguasa memegang Jimat Kekuasaan, Para Abadi dari tingkatan tinggi mengadakan ritual pagi, dan para Kaisar Langit memegang Tabel.

Menyelamatkan dengan Pusaka Lingbao

Menurut yang tertulis dalam naskah suci Dongxuan Benxing Jing (洞玄本經), Lingbao Tianzun menyelamatkan umat dengan Dharma Pusaka Lingbao. Pada masa 9900 milyar kalpa sejak penciptaan asal sampai pada tahun pertama siklus Cahaya Merah (赤明元年; Chiming Yuannian), umat yang beliau seberangkan adalah seperti butiran pasir dan debu banyaknya. Kapanpun seseorang yang memiliki kejodohan memiliki pertanyaan/keragu-raguan, Lingbao Tianzun akan memberikan ajaran dengan penuh kesabaran dan welas asih. Beliau memiliki 36 perwujudan dan 72 perubahan, dan dapat mengabulkan dengan segera permohonan umat di berlaksa tempat.

Pemujaan Lingbao Tianzun

Dalam aula Sanqing pada kuil Taois, Lingbao Tianzun selalu tampil di posisi sebelah kiri Yuanshi Tianzun, sambil memegang Pusaka Ruyi di tangannya. Ketika ritual peribadatan Taois dalam skala besar diadakan, Lingbao Tianzun juga tampil di sebelah kiri dari Yuanshi Tianzun. Hari Ulang Tahun Suci Lingbao Tianzun jatuh pada Titik Balik Musim Panas (Xiazhi; 夏至), pada pertengahan bulan 5 Imlek. Lingbao Tianzun merupakan objek pemujaan yang utama dalam ritual pemujaan masyarakat pada waktu Titik Balik Musim Panas.

 

 

Daode Tianzun

(太清道德天尊)

Daode Tianzun salah satu dari trinitas Sanqing (三清), merupakan salah satu penguasa tertinggi dalam Taoisme. Beliau adalah Laozi, yang juga dikenal sebagai Taishang Laojun (太上老君) sejak zaman dinasti Wei Utara.

Berdasarkan yang Biografi Laozi yang disusun oleh Ge Hong dalam Biografi para Abadi (神仙傳;Shenxian Zhuan), dikatakan bahwa Laozi terlahir sebelum Langit dan Bumi, setelah 72 tahun berdiam dalam rahim ibundanya, beliau dilahirkan dibawah sebuah pohon plum/Li. Beliau sudah dapat berbicara ketika dilahirkan, dan mengambil huruf “Li” (李) berdasarkan nama pohon tempat ia lahir sebagai marga.

Menurut “Inskripsi Penghormatan bagi Laozi” (Laozi Ming; 老子銘) ditulis oleh Bian Shao, Perdana Menteri dari Chen, pada tahun ke-8 Yanxi dinasti Han Timur, Laozi “muncul dari Energi Vital/Qi Kekacauan Besar, abadi bagaikan tiga cahaya, Matahari; Bulan; dan Bintang-bintang.” “Sebagai perwujudan dari Tao, beliau melindungi dan menyelamatkan umat.” Zhenling Weiye Tu (眞靈位業圖) menempatkan Taiqing Taishang Laojun pada posisi tengah di tingkat keempat , dalam istana Taiji (太極宮) di Alam Surga Kemurnian Agung (太清境), yang mana merupakan Alam Surga ke-34 dan merupakan Alam Surga tertinggi ketiga dari 36 Alam Surga.

Bab “Catatan Buddhisme dan Taoisme” dalam Sejarah Dinasti Wei mengatakan bahwa Taishang Laojun “berdiam diatas dalam Ibukota Giok (玉京) sebagai leluhur Raja-raja Suci. Berdiam dibawah dalam Kegaiban Ungu (紫微) sebagai Penguasa Dewata Terbang.” Keluarga kerajaan dari Dinasti Tang, menjadikan Laozi sebagai leluhur mereka, menghormati dan menghargai beliau dengan banyak gelar mulia. Kaisar Gao dari Tang memberikan gelar Xuanyuan Huangdi (玄元皇帝); Kaisar Xuan dari Tang memberikan gelar Da Shengzu Gaoshang Dadao Jinque Xuanyuan Tianhuang Dadi (大聖祖高上大道金闕玄元天皇大帝).

Penjelmaan dari Tao

Naskah Yunji Qiqian (雲笈七籤) mengatakan, bahwa “Laozi adalah Taishang Laojun dan merupakan perwujudan dari Tao. Beliau merupakan leluhur dari Energi Vital/Qi Asal dan akar dari Langit dan Bumi. Muncul keluar dari spontanitas, sumber asal dari Tao Agung terlahir dari tak-terlahirkan, awal dari yang tak-berawal, terbentuk dari Gua Sunyata (空洞), mencipta dan merawat Langit dan Bumi. Beliau dinamakan Tao yang Sempurna Sejati dan Maha Unggul, agung dan diluar jangkauan kata-kata. Maka dari itu beliau berkata: “Terlahir dari yang Tanpa Bentuk, berasal dari Hakekat Agung, berkembang penuh ketika Permulaan Agung, Aku berkelana dalam Maha Kesedehanaan (太素). Masuk dan keluar dari Kekosongan, Aku memasuki dan meninggalkan Misteri Samar. Aku menyaksikan Kekacauan sebelum ia terbagi, menyaksikan Yin dan Yang sebelum ia terpisah, menapaki Rimba Alam Semesta, dan mengalami penciptaan dari segala sesuatu. Oleh karena itu, Laojun merupakan Energi Vital/Qi Asal dari Tao Yang Sempurna dan pencipta ke-spontanitasan.

Guru Para Suci

Sejak penyatuan Fuxi dan Shennong, Taishang Laojun telah berulang kali menginkarnasikan dirinya di dunia. Beliau adalah Xuanzhong Fashi (玄中法師) pada masa Upper Three August, Jinque Dijun (金闕帝君) pada masa Lower Three August, Yuhuazi pada masa Fuxi, Laozi Sembilan-Sukma pada masa Shennong, Guangshouzi pada masa Zhurong, Guangchengzi pada masa Kaisar Kuning, dan Chijingzi pada masa Zhuanxu. Beliau adalah Lutuzi pada masa Kaisar Ku, Wuchengzi pada masa Yao, dan Yinshouzi pada masa Shun. Beliau adalah Zhenxingzi pada masa Yu dari Dinasti Xia, Xizezi pada masa Tang dari Dinasti Yin-Shang, dan Master Wen’yi pada masa Raja Wen. Beliau merupakan guru dari bergenerasi orang-orang suci.

Pemujaan Daode Tianzun

Dalam aula Sanqing pada kuil Taois, Daode Tianzun selalu tampil di posisi sebelah kanan Yuanshi Tianzun, sebagai sosok orang tua berambut dan berjanggut putih dengan kipas bulu ditangannya. Ketika ritual peribadatan Taois dalam skala besar diadakan, Daode Tianzun juga tampil di sebelah kanan dari Yuanshi Tianzun. Hari Ulang Tahun Suci Daode Tianzun jatuh pada tanggal 15 bulan 2 Imlek. Para pemeluk Tao, menganggap Taishang Laojun sebagai leluhur agung mereka, menyelenggarakan perayaan hari kelahiran suci dan mengadakan ritual persembahyangan Keberuntungan dan Umur Panjang pada hari tersebut.

 

天運戊子年七月初五

鄭玄原重譯


玉清聖境虛無自然至眞妙道元始天尊

上清眞境玉宸道君靈寳天尊

太清僊境太上老君道德天尊

 

Zheng Xuanyuan , 10151081075482436


Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

 

Last modified onSunday, 04 November 2012 13:55
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2332-sanqing-daozu-%E4%B8%89%E6%B8%85%E9%81%93%E7%A5%96--yuanshi-tianzun-%E7%8E%89%E6%B8%85%E5%85%83%E5%A7%8B%E5%A4%A9%E5%B0%8A

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto