A+ A A-

Konsep Pria Dikiri Dan Wanita Dikanan

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Photo Ilustrasi : Nánzuǒ Nǚyòu 男左女右” , nipic.com

Budaya-Tionghoa.Net | Ada salah satu rekan yang bertanya tentang konsep  “Nánzuǒ Nǚyòu 男左女右” , atau lelaki dikiri dan perempuan dikanan. Dan jawaban dari rekan lainnya lagi malah menghubungkan konsep tersebut dengan mitologi Pangu  , dimana dewa matahari dan dewa bulan terbentuk dari bola matanya.

 

Sebenarnya cerita Pangu tidak mendasari prinsip “Nánzuǒ Nǚyòu ” atau pria kiri dan perempuan kanan dan begitu pula cerita Pangu tidak mendasari konsep chaos atau huntun dalam filosofi Tiongkok.

Cerita Pangu hanya sekedar mitos yang baru muncul di masa Samkok dan melengkapi mitos penciptaan dan tentunya dengan menarik beberapa nilai filosofi yang telah berkembang sebelumnya.

Seingat saya konsep chaos itu ada di Zhuangzi atau Liezi. Kemudian prinsip  “Nánzuǒ Nǚyòu ” berdasarkan pemikiran bahwa energi atau Qi yang bersifat Yang ada di kiri dan energi bersifat Yin ada di kanan.

Para praktisi ilmu ramal terutama yang berkaitan dengan xiang atau bentuk tubuh, mempunyai keyakinan untuk melihat garis tangan, maka pria harus dilihat dari tangan kiri dan perempuan dari tangan kanan.

Sebenarnya hal ini berkaitan dengan energi tubuh, dimana dalam TCM atau traditional chinese medicine dan perjalanan qi tubuh, dikatakan bahwa kiri adalah energi yang dan kanan adalah energi yin.

Hormat saya , Xuan Tong

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onSunday, 30 September 2012 08:50
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2342-konsep-pria-dikiri-dan-wanita-dikanan

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto