A+ A A-

Rosamund Kwan Chi Lam

  • Written by  Huang Zhiwang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Photo: nonzen.com

 Budaya-Tionghoa.Net | Bagi pemirsa film-film Jet Li yang menghiasi bioskop di Indonesia pada dekade 90an tentu masih ingat seorang wanita cantik berpakaian kebarat-baratan dalam seri layar lebar Once Upon a Time in China.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 Dia adalah Rosamund Kwan Chi Lam (Guan Zhilin 关之琳 ) yang lahir pada 24 September 1962 di Hong Kong . Rosamund punya fitur muka yang unik dan mata yang besar seperti karakter dalam anime Jepang saja. Keunikannya mungkin diturunkan dari perpaduan darah Manchu dari ayahnya , Kwan Shan dan ibunya seorang Han , Cheung Bing Sai. Kedua orangtuanya adalah pasangan artis yang juga menurun pada Rosamund Kwan.

 

 Rosamund pendiam dan pemalu  sejak kecil dan rumah keluarganya lebih disemarakkan oleh hingar bingar tayangan televisi daripada kegaduhan yang umum disebabkan oleh kenakalan anak kecil.

 Di tahun 1982 , Rosamund menikah dengan seorang pengusaha , Wang Guosheng diawal karirnya .  Pernikahan itu hanya berlangsung dua tahun saja .  Debut awalnya adalah "The Headhunter" (1982) dan selanjutnya Rosamund hanya membintangi beberapa film saja seperti Prince Charming (1984) , Twinkle , Twinkle Little Stars (1985).

 Mulai tahun 1988 , intensitas akting Rosamund meningkat dengan membintangi lima film dalam setahun . Di tahun ini Rosamund membintangi "Profiles of Pleasure" , "Heart to Hearts" , "Vengeance Is Mine" , "The Crazy Companies II".

Di tahun 1989 , Rosamund membintangi "The Last Duel", "Pround and Confident" , "Mr Smart" , "Ghost Fever" , "Casino Raiders" . Di tahun 1990 , Rosamund membintangi "A Bite of Love" , "Undeclared War" , "Return to Action" , "Tiger Cage II . "

 Di tahun 1991 saya masih teringat film "Tricky Brains" , film konyol yang dibintangi Stephen Chou , Andy Lau dan Rosamund Kwan sendiri.

 Di tahun ini juga Rosamund terlibat dalam film penting "Once Upon a Time in China" sebagai bibi Yee dan beberapa lanjutannya ditahun berikutnya. (1991 , 1992 , 1993 , 1995).Film ini masih dilanjutkan dengan "Once Upon a Time in China and America" (1997). Dalam seri film layar lebar ini Rosamund sebagai Bibi Yee yang menarik minat Jet Li.

 Figur alim sebagai Bibi Yee ini bertolak belakang dengan perannya di "Gigolo and Whore II" (1991) bersama Simon Yam. Rosamund Kwan berperan sebagai wanita lesbian yang beralih pada pria yang diperankan Simon Yam. Rosamund juga bisa menjadi wanita penggoda kelas atas seperti perannya dalam "Profiles of Pleasure" .

Rosamund Kwan juga membintangi  Swordsman .  Film ini disutradarai oleh Ching Siutung dan Stanley Tong , dan Tsui Hark kembali terlibat dalam film yang diadaptasi dari karya Jin Yong. Lin Ching Hsia  menjadi figur antagonis Dongfang Bubai , seorang pria yang mengkebiri dirinya demi kesaktian tanpa tanding dan berubah menjadi pria feminin yang menyerupai wanita cantik. Rosamund Kwan berperan sebagai Ren Yingying dan  Jet Li berperan sebagai Linghu Chong . Didukung pula oleh  Michelle Reis Lee sebagai Yue Lingshan. Tidak ayal lagi tiga wanita cantik berkumpul dalam film ini.

Di tahun 2001 pada usianya yang ke 40 , Rosamund terlibat dalam "Big Shot's Funeral" bersama bintang barat , Donald Sutherland.

Donald Sutherland berperan sebagai Don Tyler , sutradara Amerika yang terkenal yang datang ke Tiongkok berkaitan dengan pembuatan film tentang kaisar terakhir di Tiongkok. Rosamund berperan sebagai Lucy, seorang  asisten dan penerjemah bagi Don Tyler.

HZW

http://blog.budaya-tionghoa.net/figur/2012/07/12/rosamund-kwan-chi-lam/

Budaya-Tionghoa.Net |Mailing-List Budaya Tionghua Facebook Group Budaya Tionghoa

 

Last modified onMonday, 24 September 2012 12:15
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2366-rosamund-kwan-chi-lam

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto