A+ A A-

Sammy Cheng

  • Written by  Huang Zhiwang
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

 

Budaya-Tionghoa.Net | Sammy Cheng (Zheng Xiuwen) dilahirkan pada 19 Agustus 1972 di Hong Kong. Dia  cukup dikenal publik di Indonesia saat membintangi film “Needing You” (2000) bersama Andy Lau dan “Summer Holiday” bersama Richie Ren.

Artikel Terkait :

{module [201]}

Needing You” bisa menghasilkan 6.5 juta HKD hanya pada tiga hari awal pemutaran di Hong Kong . Angka ini cukup baik dimasa suramnya industri perfilman Hongkong dan bisa mengimbangi “Mission Impossible II” , film Holywood yang disutradarai John Woo. “Needing You” menghasilkan total pemasukan 35 juta HKD.  

 Ditahun yang sama “Summer Holiday” juga meraih pemasukan 21 juta HKD , yang menjadi film best seller kedua di Hong Kong dan bagi Sammy Cheng sendiri.

Film lain yang dibintangi Sammy adalah Internal Affairs I (2002) ,  Internal Affairs III (2003) dan Magic Kitchen (2004) bersama F4 yang lagi populer saat itu.

Tetapi diantara bintang Hong Kong lainnya , Sammy termasuk sedikit membintangi film dan lebih menonjol karirnya sebagai penyanyi.

Karir Sammy dimulai ketika menjuarai kontes nyanyi di tahun 1988. Sammy bukan sebagai juara utama tetapi mendapat perhatian dari perusahaan rekaman yang menjadi sponsor acara kontes itu.

Seluruh album lagunya sudah terjual lebih dari 25 juta kopi dan menyandang gelar Ratu Cantopop.Sammy telah menghasilkan 80 album sepanjang karirnya.

Di tahun 2005 , Sammy sudah menjadi bintang veteran menjadi kandidat Aktris Terbaik di Venice Film Festival ke 62 untuk perannya dalam “Everlasting Regret” yang dibintangi bersama Tony Leung , Daniel Wu dan Hu Jun  . Pada kesempatan kali ini Sammy bersaing dengan Monica Bellucci , Gwyneth Paltrow dan sejumlah aktris lainnya.

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onMonday, 24 September 2012 15:25
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2367-sammy-cheng

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Tionghoa

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto