A+ A A-

Konsep Dasar Fengshui Didasari Yijing

  • Written by  Xuan Tong
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Membicarakan fengshui tidak luput harus membicarakan konsep yang mendasari pada awalnya yaitu Yi Jing. Disini saya tidak mau mengkaitkan mitos atau legenda dengan perjalanan sejarah.

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 Apalagi membicarakan teknik-teknik fengshui seperti You Nian Ba Zhai Fa 游年八宅法, Xuan Kong Fei Xing 玄空飛星, Wu Yin Xiang Zhai Fa 五音 相宅 法 dan lain-lain. Saya rasa tidak perlu dibahas disini.

Yi Jing adalah satu buku yang konon disebut "kitab dari segala kitab", "filsafat dari segala filsafat". Tapi sebenarnya sekarang ini yang ada adalah Zhou Yi 周易 yang kemudian disebut Yi Jing. Konon kitab ini adalah gabungan dari 2 kitab yakni Yi Jing 易經 dan Yi Zhuan 易傳 yang terdiri dari 24.207 aksara.

Penemuan Ma Wang Dui 馬王堆 menunjukkan bahwa pemosisian Yi Jing sekarang ada perbedaan dalam pemosisian Yi Jing / Zhou Yi di Ma Wang Dui.

Banyak orang yang membicarakan Xian Tian Ba Gua 先 天八卦 ,Hou Tian Ba Gua 後天八卦, Ba Gua 八卦 tapi dalam mengartikan apa itu Gua sendiri kadang bingung , bahkan sampai taraf yang parah yaitu berkaitan dengan magic atau ilmu sihir.

Kebanyakan mengartikan Gua adalah garis-garis yin 陰爻 dan yang 陽爻 kemudian digabung menjadi 3 garisan disebut Gua. Arti sesungguhnya adalah gambar yang dihamparkan didepan mata.

Pengartian Ba Gua dengan 8 mata angin juga bisa , tapi sebenarnya maksud dari BA GUA sendiri adalah gambaran alam semesta yang dihamparkan didepan mata kita.

Dalam pengertian sederhana adalah jika kita bisa memahami apa itu BaGua maka kita bisa memahami apa alam semesta ini. Tentunya yang dimaksud itu menurut saya adalah pemahaman secara filosofi bukannya secara ilmiah.

Bicara masalah Xian Tian Ba Gua yang masih berbentuk titik hitam putih dan garis, sesungguhnya gambaran Xian Tian Ba Gua tidak pernah ada hingga pada masa dinasti Song.

Masalah 5 unsur dan prinsip menguatkan , melemahkan tidak dapat dikatakan timbul pada masa purba , mengingat Logam belum ada. Bolehlah kita ambil perunggu 青銅 (baca:logam/emas) tapi itupun pada masa purba belum ada.

Yang lebih cocok adalah prinsip 5 arah atau Wu Fang 五方 seperti dalam Bu Ci 卜辭 pada masa Yin Shang 殷商 dan semua 5 arah ini berkaitan dengan tanah tidak ada yang disebut 5 unsur logam , kayu , air , api , tanah.

Dengan pemikiran bahwa ada 4 arah angin dan manusia berada ditengah , maka tidak aneh kalau pada masa tersebut dinasti Shang menyebut negaranya Zhong Shang 中商 atau Shang Tengah. Inilah cikal bakal penyebutan Zhong Guo yang ada dalam salah satu kitab Confuciusm.

Dalam pengertian Ba Gua bagi fengshui ada beberapa hal yang berkaitan dengan rumah misalnya Li berkaitan dengan dapur , xun berkaitan dengan ranjang , kan berkaitan dengan sumur atau sumber air (catatan: dalam penerapan sekarang mungkin bisa dikaitkan dengan pompa air atau
tanki air) yang mana ini berkaitan dengan Xian Tian Ba Gua.

Gambaran Hou Tian dan Xian Tian Ba Gua yang sekarang kita bisa lihat ini sebenarnya dibuat oleh seorang Confuciust yang bernama Chen Thuan 陳摶 pada masa dinasti Song. Beliau melukiskan demikian berdasarkan kitab Yi Jing /Zhou Yi 周易說卦.

Banyak orang yang melukiskan atau menggambarkan seolah-olah fengshui adalah penemuan Taoism yang mana sebenarnya tidak dapat dikatakan 100 % benar , penggambaran titik-titik hitam putih HeTu dan LuoShu,termasuk pola awal gambar Tai Ji dibuat oleh Liu Mu 劉牧 scholar
Confuciust.

Semua bentuk pemikiran Fengshui yang berkaitan dengan Qi , 5 unsur , Tian Gan , Di Zhi itu lahir pada masa dinasti Han.

Semoga dengan sedikit penjelasan ini kita bisa menempatkan fengshui pada porsinya yang benar bukan berkaitan dengan segala macam bentuk lainnya.


hormat saya , Xuan Tong

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua | Facebook Group Budaya Tionghoa

Last modified onThursday, 11 October 2012 02:56
Rate this item
(1 Vote)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2392-konsep-dasar-fengshui-didasari-yijing

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto