A+ A A-

Wang Leehom

  • Written by  HZW
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Wang Leehom dilahirkan di New York , Amerika Serikat pada tahun 1976. Wang mulai bernyanyi sejak usia tiga tahun dan bermain piano sejak berusia enam tahun. Selain itu dia juga pandai memainkan berbagai instrumen musik . Dia menempuh pendidikan musik di Williams College dan master degree dari Berkley School of Music.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 Selagi kuliah Wang menandatangani kontrak dengan BMG  di Taiwan dengan album terobosan “Love Rival , Beethoven”. Wang mulai berkibar menjadi bintang musik Asia sebagaimana Jay Chou.  Selepas dari BMG , Wang sempat bergabung dengan Decca Records . Setelah lulus dari William College , Wang merilis album “Revolution” dibawah bendera Sony Music di tahun 1998.

Di tahun 2000 , Wang membintangi film box office “China Strike Force” bersama Aaron Kwok , Norika Fujiwara dan Ruby Lin. Wang Lee Hom masuk nominasi sebagai Best New Performer di Hong Kong Film Awards.

Salah satu film penting yang dibintangi Wang Leehom adalah Lust , Caution (2007) . Sebuah film garapan Ang Lee yang diangkat dari novel yang berjudul sama. Film ini diperkuat oleh Tony Leung , Tang Wei dan Joan Chen.  Film ini diterima secara luas dan mendapat penghargaan di  Festival Film Venezia. Jack Mathews dari New York Daily News memasukkan film ini sebagai lima besar film terbaik tahun 2007.

Ditahun yang sama , Wang Leehom merilis album Change Me ( Gaibian Ziji 改变自己) . Dalam salah satu track album , Wang berduet dengan Selina S.H.E. Album ini patut dipuji karena mempromosikan kesadaran generasi muda terhadap lingkungan.Berkat album “Change Me” ini Wang terpilih sebagai salah satu pembawa obor Olimpiade Beijing 2008. Salah satu karyanya “ One World One Dream” juga terpilih sebagai lagu Olimpik.

Wang dikenal dengan pemusik yang bisa bermain dalam berbagai gaya musik. Salah satu gaya  bermusik Wang Leehom disebut-sebut sebagai “chinked out” style , sebuah aliran hip hop yang memadukan elemen musik Tionghoa. Tentunya Wang tidak bermaksud menyerang dengan istilah derogatif seperti “chink” disini.

Berbagai pemusik dan penyanyi dunia turut mempengaruhinya seperti Stevie Wonder dan Prince yang sejaman dengan Michael Jakson sampai dengan era modern seperti Missy Elliot , Ray Kelly dan Alisha Keys.  Wang juga menyukai musik klasik seperti Leonard Bernstein , Bartok , Stravinsky dan musik jazz melalui karya-karya Herbie Hancock , Keith Jarrett , Kris Tiner etc.

Melalui piranti canggih seperti Mac dan software Logic Pro , Wang mengaransemen lagu dimanapun dia berada.  Menurutnya musik menjadi lebih natural ketika sedang mendapatkan ide dan langsung menggarapnya di laptop walaupun sedang berada di bus , di mobil dan dimanapun. Bagi Wang Lee Hom , musik Tionghoa punya potensi besar berkaitan dengan kebangkitan Tiongkok dan apa yang menyangkut Tiongkok mendekorasi berbagai berita dunia pada saat ini.

Dalam album Shangrila , Wang memadukan unsur-unsur musik tribal dari keragaman suku bangsa di Tiongkok seperti Mongolia dan Tibet.  Dalam album “Heroes of Earth” , Wang memadukan unsur Opera Beijing dan Kunqu , termasuk instrumentasi , kostum dan gaya bernyanyinya.

Sebagaimana Jay Chou yang melakukan debut sutradara sekaligus membintangi Secret (2007) , Wang Lee Hom juga melakukan debut sutradara dalam “Love In Disguise”(2010)  sekaligus membintanginya bersama aktris cantik Liu Yifei.

Di tahun 2011 , Wang Lee Hom terlibat dalam film kolosal “Beginning of the Great Revival”, yang melibatkan begitu banyak bintang-bintang Tionghoa . Dalam film ini Wang Lee Hom berperan sebagai Luo Jialun , tokoh pendidik dan aktivis Gerakan 4 Mei.

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa | Facebook Group Tionghoa Bersatu

Last modified onFriday, 12 October 2012 00:48
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2393-wang-leehom

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto