A+ A A-

Obat Tionghoa UntuK Wanita Hamil

  • Written by  Ulysee
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net | Wanita yang hamil muda, urusan paling ribetnya adalah urusan mual muntah, kadang disertai rasa lelah, pusing, panas dan tidak ada selera makan. Dan ini bisa berlangsung selama tiga bulan atau selama hamil, tergantung kondisi fisik orangnya.

 

Artikel Terkait :

{module [201]}

Ada dua resep obat Tiongkok untuk membantu mengatasi mual - muntah, dan nambah selera makan. Resepnya tidak saya tulis disini ya . Yang pasti kedua resep itu ada menyertakan 'bian dou' untuk membantu pencernaan, dan 'bai dou kou' yang penghangat lambung untuk atasi muntah-muntah dan 'huang qin' untuk mencegah keguguran, serta 'mei gui hua' untuk kembalikan selera makan.

An Tai Yo, setahu saya adalah obat untuk penguat kandungan . Terkadang sinshe pake istilah "penenang kandungan" Susahnya obat Tiongkok seperti juga kebanyakan obat tradisional lainnya yang diteruskan dari mulut ke mulut. Tidak ada waktu yang pasti kapan paling bagus diberikan, jadi seperti percaya-percayaan.

Dari pengalaman saya sendiri ditambah saudara-saudara saya yang lain, memang selalu terjadi perang mulut kapan mau kasih obat Tiongkok ini. Saya sendiri dikasih mertua semenjak masuk bulan ke-3. Sepupu saya dikasih sama ibunya semenjak mulai mual-mual . Sebab menurut ibunya , An tai yao itu untuk penguat kandungan mencegah keguguran jadi harus diberikan sejak awal kehamilan.

Menurut saya dan sepupu saya, mana ada efeknya diberikan sebelum bulan ke empat. Sebab kita lagi seru-serunya muntah-muntah dan begitu habis minum obat langsung keluar lagi, tidak ada yang menyangkut di perut. Jadi mungkin itu alasannya maka dianjurkan diberikan sesudah bulan ke-4 aja. Siapa tahu mual muntahnya sudah tidak terlalu heboh dan khasiat obat lebih bisa diserap badan, begitu.

Perang mulut berikutnya , biasanya adalah berapa dosis yang diberikan untuk obat ini. Saya cuman dikasih tiga setiap tiga bungkus, sementara sepupu saya sampai 5 tiap. Sepupu yang lain lagi sampai 7 tiap, jadi saya boleh merasa beruntung hanya diberi tiga.

Ipar saya tidak dikasih Antaiyao, tapi dikasih ramuan yang namanya katanya "cap sa tay po, mengingatkan pada pelem silat tuh judulnya. Kata papanya, karena ada 13 macam tumbuhan yang dipakai dalam ramuan obat penguat kandungan ini.

Fungsinya selain untuk mencegah keguguran, juga menambah kuat ibunya jadi gak gampang masuk angin, plus menambah selera makan. Dan efeknya, anaknya nanti jadi kuat ga gampang masuk angin dan doyan makan juga. Terbukti tuh anaknya ipar saya mudah sekali  memakannya.

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa

Rate this item
(16 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2397-obat-tionghoa-untuk-wanita-hamil

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto