A+ A A-

Justin Lin Yifu : Ekonom Top Dunia

  • Written by  Dr Han Hwie Song & Memento Mori
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Photo : Bdwgast ,
"Justin Lin bersama istrinya di Frankfurt Bookfair 2009"

Budaya-Tionghoa.Net | Justin Lin adalah seorang top ekonom dunia yang menjadi chief economists Bank Dunia untuk masa bakti 2008-2012. Justin Lin Yi-Fu 林正义 kelahiran 15 Oktober 1952 di Yilan Taiwan. Di tahun 1971 dia masuk kampus bergengsi di Taiwan , National Taiwan University . Kemudian Lin masuk ROC Military Academy dan lulus pada tahun 1975. Lin melanjutkan studi dengan beasiswa militer  di National  Chengchi University , Taipei , Taiwan . Setelah menerima MBA pada tahun 1978 , Lin kembali ke dinas militer dan ditempatkan di Quemoy.

 

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

 

MENYEBERANG KE MAINLAND

Perubahan penting dalam hidupnya terjadi ketika sebagai seorang kapten di militer Taiwan , Lin desersi dan menyeberang ke mainland Tiongkok.

Lin berenang sejauh 2.3 km dengan bantuan dua bola basket dari Kinmen ke wilayah selatan Fujian pada 16 Mei 1979. Dia meninggalkan istri dan anaknya masih berada di Taiwan . Kenekatan Lin kembali ke mainland ini sudah diperhitungkan Lin berdasarkan pemahaman kultural , politik , ekonomi dan historis , kembali ke mainland merupakan pilihan optimal. (The Weekly Standard , 14 Februari 2008)

Pihak militer Taiwan pertama kali menganggap Lin sebagai orang hilang . Istri dan keluarganya mendapatkan kompensasi 31 ribu USD dari pemerintah Taiwan.


KARIR

Di Tiongkok Lin mengganti namanya dari Lin Cheng-yi menjadi Lin Yifu. Dia melanjutkan studi di kampus bergengsi di Tiongkok , Beijing University . Lin meraih master dibidang ekonomi-politik Marxist di Beijing University . Pada tahun 1980 Lin menjadi penerjemah bagi Theodore Schultz ketika peraih nobel itu berkunjung ke Beijing.

Schultz terkesan dengan Lin dan mengatur agar Lin dapat melanjutkan studi di Universitas Chicago. Di Amerika Serikat Lin kembali bertemu dengan istrinya. Lin menjadi warga Tiongkok pertama yang menerima PhD dibidang ekonomi di Universitas Chicago .

Lin sebagai PhD bidang ekonomi pertama yang kembali ke Tiongkok ketika negara itu mulai berbenah diri. Lin segera menjadi penasehat utama di kabinet Tiongkok yang punya spesialisasi dalam perkembangan kawasan rural. Lin juga menjadi wakil direktur Chinese Academy of Social Science.  Lin juga mendirikan China Center for Economic Research , sebuah think-tank papan atas pemerintah.

Chief Economists World Bank (2008-2012)

Justin Lin Yi Fu yang pada tanggal 4 Februari 2008 diangkat menjadi top ekonom Bank Dunia di Washington ( NRC , 5 Februari 2008) , yang tentu merupakan satu bank yang berpengaruh besar didunia. Presiden dari Bank Dunia Robert Zoelick mengatakan bahwa Justin Lin merupakan kombinasi yang unik dari pengalaman dan kepandaian. Justin Lin  adalah pakar dalam bidang perkembangan ekonomi dan

Dengan pengangkatan Justin Lin Yi-Fu (55) menjadi ekonom kepala dari Bank dunia merupakan satu tindakan yang penting. Dia bukan hanya orang Tionghoa yang pertama mendapatakan fungsi ini, tetapi juga adalah orang pertama dari negara berkembang yang mendapatkan fungsi ini. Lin dianggap sebagai kandidat kuat peraih Nobel Ekonomi ( Taipei Times 7 Februari 2008)

Lin menggantikan sarjana Perancis Franscois Bourgignon (2003-2007) yang berhenti pada bulan Mei tahun 2008.  Pengangkatan Lin dianggap penting, karena Tiongkok mempunyai kekuatan ekonomi yang hanya di belakang USA setelah melampaui Jepang dan  Jerman. Karena itu Bank Dunia memerlukan dukungan finansial kalau diperlukan.

Dapat dianggap bahwa professor Lin tidak saja ahli dalam ekonomi, tetapi terutama ekonomi dari satu negara yang besar dengan rakyat yang berpenduduk 1.3 miliar lebih dengan kenaikan ekonomi yang menakjubkan dunia setiap tahun yang belum ada duanya.

***

Setelah mengetahui bahwa Lin sesungguhnya tidak hilang melainkan desersi , pada tahun 2000 pihak militer Taiwan mengeluarkan perintah penangkapan dan Lin akan menghadapi hukuman seumur hidup jika memang tertangkap. (Taipei Times , 7 Februari 2008) . Pada tahun 2002 ayah Lin meninggal dunia dan Lin meminta ijin untuk mengunjungi Taiwan. Berlangsung debat panas di Taiwan berkaitan dengan kasus Lin. Lin akhirnya mengutus istrinya untuk memberikan penghormatan terakhir kepada ayahnya.

REFERENSI

NRC , "Topbaan Chinees bij de Wereldbank" , 5 Februari 2008 (Dr Han Hwie-Song , Mailing-List Budaya Tionghua , Arsip 30453 , 6 Februari 2008)
Taipei Times , "World Bank economist risk arrest if he visits" , 7 Februari 2008
The Weekly Standard , "World Bank's Chief Economist Swam To China ?" , 14 Februari 200

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua

Last modified onThursday, 18 October 2012 02:39
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2421-justin-lin-yifu--ekonom-top-dunia

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto