A+ A A-

Buku-Buku Baru Mengenai Budaya Tionghoa

  • Written by  Golden Horde
  • font size decrease font size increase font size
  • Print
  • Email

Budaya-Tionghoa.Net |  Awal tahun Tikus atau Februari 2008 ini ada beberapa buku baru mengenai Budaya Tionghoa yang dirilis oleh Gramedia:

ARTIKEL TERKAIT :

{module [201]}

"Mitos & Legenda China, Kumpulan Kisah Fantastis dan Rahasia di Baliknya". Penulis : E.T.C. Werner
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 419 hal, 2008

Buku ini sebenarnya ditulis dan diterbitkan oleh pengarangnya pada tahun 1922, dan dikatakan oleh penerjemahnya (Johan Japardi) bahwa isi dan tujuan buku ini difokuskan pada pemaparan mitos-mitos dan legenda-legenda China. Walaupun Tiongkok sudah mengalami perubahan pada saat kini dibandingkan tahun 1922, tetapi ada juga hal yang
tidak berubah selama lebih dari empat ribu tahun seperti mitos dan legenda tertentu yang masih relevan dan masih dipercayai oleh sebagian besar orang Tionghoa.

Namun penerjemah mengganti sistim ejaan Wade-Gildes yang digunakan dalam buku aslinya dengan ejaan Pinyin serta menambahkan beberapa catatan kaki serta beberapa lampiran (Lampiran sistim Pinyin, Dinasti China dan gugusan bintang China).


"The Best of Chinese Wisdom" (Kebijaksanaan China Klassik)
Penulis : leman Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 173 hal, 2008

Judul bukunya dalam bahasa Inggris tetapi isinya dalam bahasa Indonesia. Disebutkan oleh penulisnya bahwa salah satu warisan kebudayaan China yang sudah ribuan tahun lalu, tetapi masih relevan dan bisa diterapkan dalam kehidupan modern saat kini adalah kebijaksanaan China Klassik (Chinese Wisdom). Kebijaksanaan China Klassik yang mengandung nilai-nilai kebijaksanaan, semangat, motivasi, strategi, dan kepemimpinan itu difokuskan pada masa dinasti Qin, Han, dan Periode Tiga Negara.


"Riwayat Kelenteng, Vihara, Lithang di Jakarta & Banten". Penulis : Yoest Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia), 325 hal, 2008

Disebutkan oleh penulisnya bahwa buku ini khusus membahas tentang sejarah, keunikan bentuk bangunan dan ornamen serta sinbeng yang dipuja di Kelenteng, Vihara dan Lithang yang tersebar di Jakarta dan Banten, lengkap dengan alamatnya.

Buku ini telah memberi tambahan lagi pada perbendaharaan buku-buku yang membahas tentang kelenteng yang pernah diterbitkan sebelumnya seperti salah satunya: "Klenteng-Klenteng Dan Masyarakat Tionghoa di Jakarta" (CL. Lombard & D. Lombard), diterbitkan oleh Yayasan Cipta Loka Caraka tahun 2003, 120 hal.(masih dijumpai pada beberapa toko buku di Jakarta).

Golden Horde

 

Budaya-Tionghoa.Net | Mailing-List Budaya Tionghua


Last modified onThursday, 18 October 2012 02:45
Rate this item
(0 votes)
back to top
http://web.budaya-tionghoa.net/index.php/item/2422-buku-buku-baru-mengenai-budaya-tionghoa

Latest Articles

  1. Trending
  2. Feature
  3. News
  4. Random

Sejarah

Budaya

Seni

Filsafat

Sains

Esai & Opini

Resensi Buku

Album Foto